oleh

Zulkarnain: Penertiban Tambang Jangan Tebang Pilih

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Anggota DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Zulkarnain Thaib meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong jangan tebang pilih dalam menertibkan perusahaan tambang ilegal.

Tim Terpadu Kabupaten Rejang Lebong, yang terdiri dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Rejang Lebong, Sat Pol PP Kabupaten Rejang Lebong untuk menertibkan semua tambang ilegal. Khususnya di Kecaamtan Talang Bening Curup, yang disinyalir melanggar Peraturan Daerah (Perda).

“Dalam menertibkan Perda, penertiban tambang jangan tebang pilih, kalau memang melanggar Perda ditertibkan semua,” kata Zulkarnain.

Zulkarnain menjelaskan, Perda merupakan produk yang semestinya harus sama-sama dijalankan.

“DPRD bukan eksekutor, harapan kita pihak terkait dalam melakukan penertiban dilakukan sama-sama. Jangan nanti terkesan masih ada tambang yang diam-diam masih beroperasi,” katanya.

Sementara itu, Khairul, salah satu pemilik lahan tambang di lokasi Talang Benih mengaku, sejak dilakukan penertiban dan dilakukan police line, tambang miliknya tidak beroperasi. Namun, Ia menduga masih ada tambang di sekitar kawasan itu yang masih beroperasi.

“Ada yang secara diam-diam diduga beroperasi, kami juga meminta selain pihak terkait melakukan penertiban tidak tebang pilih juga semua tambang yang tidak memiliki izin untuk di tertibkan,”harap Khairul. (09)

Rekomendasi Berita