oleh

Zuhardun Tetap Semangat Berjualan Kemplang

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Zuhardun (55) warga Talang Banyu Kecamatan Tebing Tinggi mengisi hari- hari di usia senjanya, memanfaatkan teras rumahnya untuk berjualan kemplang. Zuhardun dibantu oleh istri dan cucunya, bisnis ini ia jalani sejak dua tahun terakhir.

“Iya benar, saya menjalani bisnis kecil-kecilan menjual kerupuk kemplang sejak dua tahun yang lalu. Untunglah ada istri dan cucu yang mendampingi dalam menjalani bisnis ini,” katanya (10/10)

Zuhardun masih sangat semangat untuk mencari rezeki. Zuhardun bersama istrinya Khopiah mampu menjual sebanyak 5-15 bungkus kemplang.

“Ada beberapa orang yang membeli kerupuk dengan cara datang ke rumah. Kalau sedang ramai pembeli, kami bisa menjual sebanyak 15 kantong kerupuk kemplang. Tapi kalau lagi sepi biasanya hanya mampu menjual sebanyak 5 bungkus kerupuk kemplang,” jelasnya.

Dikatakannya, kerupuk kemplang dipanggang oleh dirinya sementara bahan mentah kerupuk kemplang dibeli dari Palembang.

“Kalau memanggangnya di rumah tapi kalau membeli bahan-bahan mentahnya di Palembang karena di Kabupaten Empat Lawang belum tersedia tempat untuk membeli bahan mentahnya,” ucapnya

Struktur kerupuk kemplang yang dijual Zuhardun sangat garing dan renyah. Tidak terlalu tebal ataupun terlalu tipis. Harganya terjangkau Rp 10 ribu untuk satu kantong dengan isi 30 per bungkus, dan yang ukuran kecil isi 15 kemplang di banderol dengan harga Rp5 ribu.

Untuk pembeli sendiri lanjut Zuhardun, yaitu warung-warung manisan baik yang berada di sekitar rumahnya maupun yang dijajakan di pasar tradisional tebing tinggi bahkan ada yang sengaja memesan untuk dijadikan oleh-oleh.

“Alhamdulilah, pembeli datang sendiri kerumah baik yang hendak menjual kembali maupun yang hendak di jadikan buah tangan.”ucapnya. (cw02)

Rekomendasi Berita