oleh

Yuk Kirim Surat untuk Gubernur

PALEMBANG – Bagi pelajar, menulis surat ditujukan kepada Gubernur merupakan sesuatu yang jarang dilakukan. Bahkan, ada yang belum pernah mencoba.

Seperti apa?

Nah, Linggau Pos bersama koran daerah tergabung Sumatera Ekspres (Sumeks) Grup di-17 kabupaten/kota memberi peluang bagi pelajar di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menyalurkan segala harapan dan unek-uneknya kepada Gubernur Sumsel, H Herman Deru, SH,MM melalui program “Surat Untuk Gubernur” diikuti seluruh pelajar tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA/ sederajat.

“Kegiatan ini pertama dilakukan Koran Sumeks grup di 17 kabupaten/kota di Sumsel,” ungkap Ketua Panitia “Menulis Surat Untuk Gubernur”, Purwadi, Kamis (3/1).

Diharapkan kata dia, memberi dampak positif terhadap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. Sebab, pelajar memberi sumbang pemikiran, saran, atau gagasan bagi perkembangan pendidikan di daerahnya.

Tak hanya itu, lantaran “Surat Untuk Gubernur” bebas tema, tidak menutup kemungkinan dari curhat dan keluh kesah siswa di Sumsel ini, memberi pemikiran dan ide baru bagi gubernur.

“Gubernur akan mendengar suara hati para pelajar, yang nantinya akan menjadi bahan masukan gubernur,” terang Purwadi menjelaskan tujuan dari lomba tersebut.

Masih kata dia, rencananya kegiatan ini akan digelar Februari nanti.

“Kami segenap panitia tengah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memantapkan kegiatan ini,” ujarnya.

Terkait teknis dalam lomba ini, Purwadi menjelaskan peserta akan diikuti pelajar SMP/MTs dan SMA/SMK/MA/sederajat.

Untuk hadiah berupa studi banding wawasan kebangsaan, beasiswa pendidikan dari Gubernur Sumsel dan hadiah tabungan pendidikan.

Kemudian hadiah hiburan berupa puluhan doorprize dan bingkisan menarik lainnya.

Untuk ketentuan lomba ini, setiap siswa menulis surat di kertas Koran Linggau Pos yang telah disediakan (koran asli/tidak boleh fotokopi) edisi terbit 1 Februari 2019, surat yang ditulis bebas tema diutamakan menggunakan bahasa Indonesia (EYD).

Kemudian gunting dan tempel prangko pada kolom tersedia, lalu kirim melalui Kantor Pos, dengan PO BOX : HDMY, pengiriman Cap Pos terakhir tertanggal 28 Februari 2019, surat dimaksud ditulis oleh pelajar SMP/MTs/sederajat dan SMA/SMK/MA/sederajat ditujukan langsung ke Gubernur Sumsel, semakin banyak mengirim surat di kertas koran, semakin besar peluang mendapat hadiah utama (satu nama boleh mengirim lebih dari satu surat).

Dalam lomba ini tambah Purwadi, melalui sistem penjurian. Yang diambil dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informasi) Sumsel, Humas dan Staf Khusus Bidang Media Provinsi Sumsel, Staf Khusus Bidang Antar Lembaga, Akademisi dan Ahli Bahasa.

Kemudian masa penilaian dilakukan pada 1-14 Maret 2019.

“Rencananya acara puncak pada Mei mendatang bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional,” imbuh pria yang kini menjabat sebagai General Manager Harian OKU Timur Pos ini. (rls/end)

Rekomendasi Berita