oleh

Yayasan Hidayatullah Sediakan Nasi Gratis

LINGGAU POS ONLINE – Ada yang berbeda saat kegiatan Salat Jumat di Masjid Darussalam Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas (Mura). Karena setelah selesai menunaikan Salat Jumat jemaah disediakan makan gratis. Tak ayal ini pun direspons baik oleh para jemaah.

Makan gratis tersebut disediakan Yayasan Hidayatullah Pondok Tahfidz Quran Kalibening Kecamatan Tugumulyo. Kuliner yang disediakan berbagai jenis makanan, mulai dari gulai telur, sambal terasi, sambal tempe, ikan asin dan sejumlah jenis kuliner makanan ringan lainnya.

Berdasarkan pantauan awak media di lapangan, Jumat (12/7) terlihat para jemaah begitu lahapnya menikmati makanan tersebut. Hingga teras masjid dipenuhi oleh jemaah, yang makan.

Selaku pengelola Pondok Tahfidz Quran Kalibening, Edi mengatakan kegiatan tersebut sudah lama berjalan sekitar enam bulan yang lalu. Pihaknya menyediakan sekitar 200-300 porsi setiap Jumatnya.

“Insya Allah kami lakukan setiap Jumat. Jadi siapa saja yang mau makan, kami persilakan,” kata Edi.

Menurutnya, penyediaan makan gratis tersebut salah satu bentuk sedekah yang dilakukan pihaknya dan orang tua santri kepada jamaah Salat Jumat.

“Dana yang digunakan berasal dari dana pribadi, serta sumbangan orang tua santri. Selain itu santri yang mengaji, setiap hari diwajibkan menyumbangkan iuran Rp1.000 per santri. Dan juga ada sumbangan dari orang luar,” ucapnya.

Kemudian, dari uang tersebutlah makanan gratis itu disediakan. Dan di tempat tersebut, disediakan kotak amal, bagi siapa saja yang mau menyumbang dipersilakan untuk membantu membeli makanan untuk makan gratis itu.

“Ini memang dari niat kami untuk bersedekah, bukan untuk unsur lainnya,” jelasnya.

Windi (29) salah seorang jamaah yang ikut menikmati makan gratis tersebut, mengapresiasikan dan salut kepada pihak pengelola yayasan. Karena jelas hal tersebut sangat bermanfaat.

“Orang lain pun tidak mau menyediakan makan gratis setiap Hari Jumat seperti ini, dan inilah orang yang terkaya di dunia,” kata Windi.

Windi berharap, semoga pihaknya pengelola dilimpahkan rezekinya. Dan diharapkan juga, kegiatan seperti ini diikuti oleh di tempat lainnya. (dlt)

Rekomendasi Berita