oleh

Yang Terjadi Pada Tubuh Jika Mengkonsumsi Formalin

LINGGAU POS ONLINE – Hasil penindakan petugas gabungan BBPOM Palembang, Polda Sumsel, Pol PP Sumsel dan BPOM Lubuklinggau terhadap mi kuning dan tahu berformalin membuat heboh.

Formalin sendiri merupakan bahan kimia yang tidak berwarna, mudah terbakar, dan berbau tajam. Formalin biasanya disalahgunakan sebagai pengawet makanan sekaligus zat yang ditambahkan agar menambah unsur kenyal pada makanan.

Formalin memiliki dampak negatif bagi tubuh manusia terutama bila dikonsumsi secara terus-menerus. Dilansir dari laman DrHealthBenefits.com, berikut beberapa efek samping racun formalin pada manusia:

  1. Gangguan Pernafasan

Formalin atau Formaldehida dapat merusak saluran pernafasan bawah dan atas ketika terhirup dalam jumlah yang banyak. Sakit tenggorokan, sensasi hidung dan tenggorokan terbakar, serta hidung tersumbat merupakan gejala iritasi saluran pernapasan atas.

Iritasi ini biasanya terjadi jika tingkat formalin melebihi 1 ppm. Pada kasus di mana kadar formalin melebihi 50 ppm, dapat menyebabkan seseorang mengalami pneumonia, bronkitis kronis, atau bahkan kematian.

  1. Gangguan Penglihatan

Mata relatif lebih sensitif terhadap formalin. Konsentrasi zat di atas 0,03 ppm hingga 0,5 ppm dapat menyebabkan sensasi terbakar, gatal, perih, dan kemerahan pada mata.

Dalam kasus tingkat formalin melebihi 100 ppm atau bersentuhan langsung dengan mata, dapat membuat mata mengalami cedera optik yang parah hingga hilangnya penglihatan.

  1. Iritasi kulit

Kulit yang langsung tersentuh dengan cairan formalin dapat menyebabkan iritasi, seperti ruam dan gatal-gatal. Paparan berlebihan terhadap formalin juga dilaporkan dapat menyebabkan dermatitis alergika.

  1. Kerusakan Usus

Jika tertelan, formalin dapat menyebabkan kerusakan parah di dalam perut. Gejalanya adalah mual, muntah, dan sakit perut. Selain itu, formalin juga dapat menyebabkan kerusakan pada organ seperti ginjal, hati, pankreas, dan limpa.

Well, bila Anda merasa sudah terpapar formalin, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

Pada kasus gangguan pernafasan, jika korban masih bisa berjalan, bawa segera ke lokasi terbuka dengan udara segar. Korban yang tidak dapat berjalan, harus dipindahkan dengan hati-hati dan mencari perawatan medis sesegera mungkin.

Bila terkena mata, basuh mata dengan hati-hati selama 20 menit. Tindakan segera ini dapat menolong korban dari iritasi mata berlebih.

Dalam kasus iritasi kulit, bersihkan area yang tekena formalin secara menyeluruh dengan air biasa selama empat hingga enam menit. Lepas pakaian yang terkena formalin karena bisa saja telah terkontaminasi.

Dan jika tertelan formalin, korban yang masih sadar harus segera diberikan 100 hingga 200 mililiter susu untuk menetralisir racun.

Sumber: suara.com

Rekomendasi Berita