oleh

Wujudkan Pilkada Kondusif

TANGGUNG jawab menciptakan situasi kondusif dalam menjelang, saat dan pasca Pilkada bukan hanya di ‘pundak’ anggota Polres Lubuklinggau maupun Kodim 0406 Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara . Namun selain peran legislatif dan lembaga yudikatif, juga sangat membutuhkan partisipasi media.

Ini disampaikan Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar ketika tandang ke Graha Pena Linggau (Kantor Harian Pagi Linggau Pos), di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Selasa (9/1).

Didampingi Wakapolres Lubuklinggau, Kompol Andi Kumara, dan Kasat Lantas AKP Sukiman, AKBP Sunandar menerangkan, bahwa media pada dasarnya tak bisa diintervensi. Ia juga menyadari bahwa media subjektivitas untuk menentukan berita mana yang akan dinaikkan dan konsepnya seperti apa itu hak mereka.

“Tapi, demi untuk menciptakan situasi yang kondusif mari sama-sama mempertimbangkan, tolong sajikan berita yang berimbang untuk menyejukkan sehingga untuk kedepannya pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik dan benar,” jelasnya.

“Kepentingan kita, saya kira sama. Yakni kontrol sosial. Kami pun terbuka silakan apa saja. Yang penting itu bagian akuntabilitas saya sebagai fasilitas publik. Kritik apapun. Kalau ada kegagalan dalam tugas  itu kesalahan saya. Silakan gugat saya. Tapi kalau ada keberhasilan, biarkan teman-teman dari Kasat Lantas, Kasat Reskrim dan lainnya yang muncul. Saya ndak perlulah,” terang AKBP Sunandar.

Ia berharap, bukan hanya pada momen Pilkada 2018 ini. Kemitraan antara Polres Lubuklinggau, dan Linggau Pos Group (Harian Pagi Linggau Pos, Musi Rawas Ekspres, Harian Silampari dan Silampari TV) harus tetap terjaga.

Menurut AKBP Sunandar, berkaca dari Pilkada 2013 lalu terpetakan, wilayah Lubuklinggau Barat memang dinilai rawan.

“Namun untuk kontestasi Pilkada 2018 ini, saya berharap banyak pada figur incumbent. Karena dia (H SN Prana Putra Sohe) akan membawa label walikota, artinya kenegarawannya masih ada. Beliau sempat bilang ke saya, Pak Kapolres tolong saya dibantu mewujudkan Pilkada Lubuklinggau ini yang kondusif, dan kalau bisa terbaik se-Indonesia. Sehingga, ketika ini tercapai maka selaras dengan program Ayo Ngelong Linggau. Dan saya sampaikan beberapa kiatnya untuk mencapai itu,” jelas Kapolres.

Ada beberapa  saran yang menurut Kapolres penting dilakukan untuk bisa mencapai, Pilkada Lubuklinggau kondusif. Pertama, penyelenggara harus melakukan tugas ini secara baik  dan benar (benar pada legalitas).  Kedua, tingkat partisipasi harus di atas 80 %, karena tahun 2013 lalu partisipasi pemilih mencapai 70 % lebih. Ketiga, zero pelanggaran.

“Kalau tiga ini kita wujudkan insya Allah, cita-cita kita bersama benar-benar tercapai. Yakni Pilkada Lubuklinggau kondusif dan terbaik se-Indonesia,” jelas Kapolres.

Untuk bisa mencapai itu, infrastruktur tingkat dasar dari Polres Lubuklinggau yaitu Bhabinkamtibmas, infrastruktur tingkat dasar   Kodim 0406 yakni Babinsa dan layanan dasar Pemkot Lubuklinggau, yaitu RT dan lurah  harus berpartisipasi maksimal.

“Kalau tiga unsur ini maksimal kinerjanya untuk menyukseskan Pilkada kondusif, maka juga bisa mendongkrak partisipasi pemilih,” jelasnya.

Pun untuk mewujudkan zero pelanggaran dan pidana, ini juga harus melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas juga RT.

“Yang pasti kami (anggota Polres Lubuklinggau,red) menjaga netralitas. Yang kami lakukan murni untuk menjaga keamanan Pilkada Juni 2018 ini,” imbuhnya.

AKBP Sunandar juga menerangkan, pihaknya sudah mengusulkan agar KPU Lubuklinggau juga melakukan update situasi terutama, sebulan sebelum Pilkada.

“ Ya penting dibuka lagi data TPS  2013 lalu. Sehingga Bhabinkamtibmas, Babinsa dan RT bisa lebih siaga di titik-titik tersebut. Tiga unsur ini nantinya, juga mempunyai strategi untuk mengajak masyarakat berpartisipasi, maupun mencegah terjadinya pelanggaran,” imbuhnya.

Mendengar apa yang disampaikan Kapolres Lubuklinggau ini, Direktur PT Wahana Semesta Linggau (Penerbit Harian Pagi Linggau Pos), Solihin menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kapolres dan rombongan.

Didampingi Pemimpin Redaksi Linggau Pos, Budi Santoso, Wakil Pimpinan Redaksi M Yasin, GM Silampari Budi Santoso, dan Pemred Musirawas Ekspress Endang Kusmadi, Solihin mengatakan, media khususnya Linggau Pos Group selalu bersedia menjalin kerja sama yang baik di Lubuklinggau.

Terlebih momen Pilkada 2018 ini. Dengan cara, menyajikan berita-berita yang sifatnya menyejukkan, akurat, dan berimbang. (05/16)

Komentar

Rekomendasi Berita