oleh

Wujudkan Megang Sakti PRIMA

Sosialisasi Kantibmas dilakukan Camat Megang Sakti, H Herry Akhmadi Jaya Saputra, S.STP Bersama Kapolsek Megang Sakti Iptu M Romi

Program Unggulan Camat Megang Sakti

SEJAK 3 Juli 2017, H Herry Akhmadi Jaya Saputra, S.STP dipercaya oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan untuk memimpin Kecamatan Megang Sakti. Guna menyukseskan program kerjanya, H Herry Akhmadi didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatam Megang Sakti, Hj Ilga Febrina Herry, S.Pd.

Sejak amanah itu diembannya, ayah dari M Rayyan Ariga Putra (5 tahun) itu mulai sosialisasi dan merealisasikan program unggulannya, Megang Sakti PRIMA (Produktif Religius inovatif Mandiri Aman).

Saat ini, H Herry Akhmadi tengah disibukkan dengan proses monitoring realisasi Dana Desa (DD) tahap 2 di 19 desa Kecamatan Megang Sakti.

“Alhamdulillah tahun 2017 pembangunan DD dan ADD sudah bisa dimanfaatkan dan digunakan masyarakat,” jelas H Herry Akhmadi.

Dengan potensi luas lahan Megang Sakti 39.977,66 Hektare (Ha) dengan jumlah penduduk 55.624 jiwa, H Herry Akhmadi H Herry Akhmadi cukup optimis memajukan perekonomian warganya. Yang mayoritas petani karet, sawit dan sawah.

“Caranya, kami alokasikan DD dan ADD serta APBD Kabupaten Musi Rawas, APBD Sumsel dan APBN untuk mendukung perekonomian warga. Dengan jalan usaha tani, revitalisasi irigasi, pembangunan jalan jembatan, jalan rigiet beton, gorong-gorong, dan lain-lain,” jelasnya.
Dengan begitu, H Herry Akhmadi berkeyakinan masyarakat semakin semangat untuk mengelola kebun dan sawahnya.

Mulai memimpin Megang Sakti Juli 2017 lalu, H Herry Akhmadi juga menghadapi beberapa tantangan. Diantaranya sanitasi siring dan jambanisasi masyarakat tidak mampu.

Ia juga mendapati masih banyak masyarakat yang di bawah garis kemiskinan yang tetap mengonsumsi rokok. Sehingga perang terhadap rokok secara masif ia gencarkan untuk mewujudkan Mura Sehat dan Cerdas 2021.

Dengan cara menggiatkan program Rumah Sehat Tanpa Rokok.

“Sudah enam desa yang deklarasi. Mereka melakukan penandatanganan oleh Kades tentang rumah sehat tanpa rokok dan bebas BAB sembarangan ini. Penghasilan yang dialokasikan untuk membeli rokok bisa disubtitusikan ke pembelian susu dan pangan yang bergizi, pendidikan anak-anak, bahkan ditabung untuk naik haji,” jelasnya.

Selain itu, H Herry Akhmadi juga melakukan penutupan kolam air deras yang mengambil air di saluran irigasi yang bukan peruntukannya bersama Dandim, Kapolsek, dan Danramil.

H Herry Akhmadi juga melakukan penyelesaian ganti rugi lahan warga yang pada awalnya tidak mau dibebaskan.

“Alhamdulillah bersama Danramil dan Kapolsek setelah dilakukan dialog dan musyawarah bisa diselesaikan sehingga proses pembangunan irigasi Air Lakitan bisa dilanjutkan,” imbuhnya.

Di akhir perbincangan, ia mengucapkan terima kasih kepada Polsek Megang Sakti, Danramil dan seluruh Kades juga masyarakat Kecamatan Megang Sakti yang begitu maksimal mendukung programnya, untuk memajukan Megang Sakti. Ia juga bersyukur didukung penuh oleh sang istri dan keluarga untuk tetap prima dan maksimal dalam menunaikan tugas.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita