oleh

Wujudkan Industri Kecil Menengah yang Inovatif

Disperindagkop Berikan Bimtek Pembuatan Makmin dari Tebu

DINAS Perindustran, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Muratara (Disperindagkop) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), melalui Bidang Perindustrian, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Makanan dan Minuman (Makmin) dari bahan baku tebu kepada kelompok usaha kecil menengah dari seluruh kecamatan di lingkungan Kabupaten Muratara.

Bimtek yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Pondok Pesantren Almathiriyah Kecamatan Rupit, selama dua hari dimulai hari ini, Kamis (16/11) hingga Jumat (17/11).

Dalam laporannya, Kabid Perindustrian, Safawi mengatakan untuk Bimtek dilaksanakan selama dua hari diikuti oleh seluruh perwakilan kecamatan, dan diisi oleh pemeteri dari Disperindagkop Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).
“Untuk peserta dari perwakilan seluruh kecamatan, yang paling banyak dari Kecamatan Rawas Ulu karena banyak tanaman tebunya,” sebutnya.

Diharapkan melalui Bimtek ini, dapat memberikan tambahan penghasilan masyarakat khususnya petani tebu. Sehingga perekonomian mereka meningkat.

Kepala Disperindagkop Kabupaten Muratara, H Syamsu Anwar sebelum membuka secara resmi kegiatan Bimtek menyampaikan agar kiranya dari pelaksanaan Bimtek ini dapat menambah penghasilan keluarga. Sebagaimana tujuan pelaksanaan program ini untuk mewujudkan industri kecil dan menengah yang inovatif.

Sebagaimana diketahui, mayoritas penduduk Kabupaten Muratara mata pencariannya yakni bertani karet atau motong parah. Dengan adanya potensi tebu dapat memberikan pekerjaan baru dengan berinovasi pembuatan minuman dan makanan dari tebu ini.

“Tinggal lagi kemasan dan promosi sehingga dapat diminati atau menarik perhatian pembeli,” kata dia.

Menurutnya, kemasan atau packing sangat berpengaruh terhadap maju atau tidaknya sebuah produk. Karena terkadang makanan atau minuman yang biasa tapi karena dikemas dengan bagus dan menarik sehingga orang berminat dan menjadi buah tangan atau oleh-oleh dari Kabupaten Muratara.

“Kami harapkan seluruh peserta dapat mengikuti Bimtek dengan baik, apalagi ada yang belum jelas atau belum mengerti silakan bertanya agar dapat benar-benar paham, harapannya apa yang diperoleh melalui Bimtek ini dapat menjadi bahan atau ilmu dalam meningkatkan perekonomian keluarga,”harap Syamsu Anwar. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita