oleh

Wow, Pliskova Kubur Mimpi Serena

Nishikori Cedera, Djokovic ke Semifinal

MELBOURNE – Petenis asal Amerika Serikat Serena Williams harus memupuskan mimpinya untuk bisa merebut gelar juara Grand Slam Australia Terbuka 2019. Hal itu setelah petenis berusia 37 tahun tersebut dikalahkan Karolina Pliskova.

Pada babak perempatfinal yang digelar di Rod Laver Arena, Melbourne Park, Australia, Rabu (23/1) kemarin, Williams kalah dari petenis asal Republik Ceko itu, setelah melewati perarunan tiga set dengan skor4-6, 6-4, dan 5-7.

Pertandingan ini terbilang cukup sengit. Pasalnya setelah berhasil merebut set pertama dan kalah di set kedua, Wiliams nyaris meraih kemenangan di set penentuan.

Namun sayang, seperti dikutip Telegraph, Williams yang sudah memimpin di 5-1 di game penentuan kerap membuat kesalahan akibat cedera di pergelangan kaki kirinya.

Cedera yang dirasakannya itu, tampak membatasi pergerakan wanita yang memiliki satu orang putri tersebut. Tak ayal, Pliskova memanfaatkan peluang dan menyerang balik hingga mampu menyamakan kedudukan menjadi 5-5.

Tak sampai di situ, Pliskova terus melancarkan serangannya dan secara mengejutkan berhasil memimpin sekaligus mengalahkan Williams dengan skor 7-5 di set penentuan.

“Biasanya saya mengalami banyak serangan balik, tapi mungkin karena mentalnya menurun, jadi tidak seperti ini,” ungkap Pliskova seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (23/1) kemarin.

Bagi Pliskova, ini adalah kali pertama dia menembus semifinal di Australian Open. “Saya pikir ini akan menjadi comeback terbaik sejauh ini dan dalam hidup saya,” sambung Pliskova.

Selanjutnya, di babak semfinal, Petenis yang pernah menduduki peringkat satu dunia itu ditunggu Naomi Osaka, pada Kamis (24/1) hari ini.

Osaka yang pernah menjuarai AS Open 2018 itu lolos usai menyingkirkan unggulan keenam, Elina Svitolina, dua set langsung dengan skor 6-4, 6-1.

Akan tetapi, dari rekor pertemuan mereka berdua, Pliskova masih unggul 2-1 atas Osaka. Pertemuan terakhir mereka di final Toray Pan Pacific Open, September 2018 lalu, dan dimenangi oleh Pliskova.

“Osaka memang sangat berbahaya, namun tak ada yang lebih berbahaya daripada Serena (Williams) jadi saya akan coba menikmati pertandingannya nanti,” tukasnya.

Semenata itu William sendiri membantah bahwa dirinya mengalami cedera pada pergelangan kaki kirinya. Menurut, Williams kekalahan itu mutlak karena permainan apik yang ditunjukan Pliskova.

“Tidak ada kesalahan yang saya lakuka pada pertandingan itu. Saya tidak merasakan bahwa pergelangan kaki saya bermasalah. Dia benar-benar memainkan tenis terbaiknya pada pertandingan itu,” tutur Williams.

“Saya tidak memanggil keluar pelatih karena sayameras tidak membutuhkannya dan saya tidak merasa itu akan menjadi masalah besar. Jadi saya teruskan pertandingan,” sambungnya.

Di sisi lain, Final Australian Open nomor tunggal putri kali ini berpeluang menghadirkan pertemuan antara sesama petenis asal Republik Ceko. Selain Pliskova, petenis Ceko lain yang berhasil masuk ke semifinal adalah Petra Kvitova.

Di bagian putra, unggulan teratas Novak Djokovic melangkah ke semifinal untuk ketujuh kalinya. Hasil ini dia dapat setelah sang lawan Kei Nishikori mundur akibat cedera saat tertinggal 4-6, 1-4 di pertandingan perempat-final, Rabu.

Djokovic yang sudah enam kali merebut trofi juara di Australia Terbuka, di semifinal akan ditantang petenis Perancis Lucas Pouille, Jumat. Sementara di semifinal lainnya akan mempertemukan Rafael Nadal dan “wonderkid” Stefanos Tsitsipas dari Yunani, Kamis. (gie/fin/wsa)

Rekomendasi Berita