oleh

Wisatawan Terpesona dengan Curug Leko

LINGGAU POS ONLINE, JUKUNG – Masjid Agung As-Salam, Air Terjun Temam, Bukit Sulap, dan Kampung Warna-Warni menjadi deretan objek wisata yang patut dikunjungi saat anda ke Kota Lubuklinggau. Ternyata belum cukup dengan empat lokasi ini, ada satu lagi objek wisata baru yang kini menyedot perhatian para pelancong yang transit ke kota ‘Sebiduk Semare’ ini.

Lokasi wisata ini bernama Curug Leko. Letaknya di Jl Sudirman, Kelurahan Jukung, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Untuk menuju ke lokasi, anda bisa menempuhnya dengan kendaraan roda empat. Jarak tempuh dari pusat kota ke lokasi Curug Leko hanya berkisar 20 menit.

Pengelola Wisata Curug Leko, Sudirman (47) menjelaskan, objek wisata ini baru booming Agustus 2018 lalu. Saat itu, Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe yang datang ke lokasi. Beberapa kali foto acara ‘ngelong’ (jalan-jalan,red) ke Curug Leko dipostingnya ke media sosial Instagram miliknya. Sontak, netizen yang terpesona dengan foto-foto itu jadi berinspirasi untuk datang langsung ke Curug Leko.

“Iya, Curug Leko dibuka jadi objek wisata sejak  20 Agustus 2018. Banyak yang datang ke sini. Sehari bisa ratusan. Bahkan kalau Minggu bisa 600-an orang datang. Karena akses ke sini mudah, jalan sudah aspal mulus,” kata Sudirman.

Soal asal-muasal Curug Leko, Sudirman menjelaskan, air terjun itu dinamai ‘Curug Leko’ sudah sejak jaman nenek moyang. Lokasi Curug Leko ini aliran Sungai Air Kati yang membentuk air terjun bertingkat dan terdapat batu berlubang.

“Soal biaya, kami tidak mematok sama sekali. Soalnya ini masih tahap promosi,” jelas dia.

Nah, bagi anda yang ingin melihat eksotisme panorama alam yang masih asri di Curug Leko, bisa memarkir kendaraan di rumah warga terlebih dahulu.

“Parkirnya diurus warga memang. Bukan dikelola pengurus objek wisata,” jelas Sudirman.

Untuk masuk ke lokasi, wisatawan cukup berjalan kaki melewati kebun karet berjarak sekitar 200 meter.

Oleh karena itu, Sudirman berharap, pemerintah nantinya menyiapkan lahan parkir, sehingga bisa dikelola dengan baik dan parkir sepeda motor lebih dekat dengan lokasi Curug Leko.

Seorang pengunjung Curug Leko, Harca (18) berharap objek wisata ini terus dikembangkan. Siswa SMKN 3 Lubuklinggau itu terpesona dengan Curug Leko. Ia tertarik untuk mengunjungi Curug Leko karena udara di sana sangat segar, sejuk dan masih asri.

Bersama 20 teman-temannya, Harca sengaja datang sejak pagi untuk swafoto dan bermain-main di sekitar aliran sungai di Curug Leko.

Hal sama diungkapkan Defrico (16). Warga Kelurahan Taba Pingin ini ke Curug Leko ingin merasakan nikmatnya mandi air sungai yang di belakangnya ada air terjun.

“Ini airnya masih bagus. Udara di sekitar juga segar. Enjoy main di sini,” jelas dia.

Anda yang sedang tandang ke Kota Lubuklinggau, jangan lewatkan untuk menikmati sensasi indahnya berwisata ke Curug Leko. (adi)

Rekomendasi Berita