oleh

Wawako Lubuklinggau Terima DIPA Petikan APBN 2021

LINGGAUPOS.CO.ID – Wakil Waki Kota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar menghadiri kegiatan prosesi penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) petikan APBN Tahun 2021 dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2021 dilingkungan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Acara yang berlangsung di Griya Agung, Jln Demang Lebar Daun Palembang itu dihadiri langsung Gubernur Sumsel, H Herman Deru serta kepala daerah se Sumsel.

Dalam kesempatan itu, melalui video, Presiden Joko Widodo mengatakan dalam APBN Tahun 2021, pemerintah mengalokasikan belanja negara sebesar Rp2.750 triliun, tumbuh 0,4% dibanding alokasi belanja APBN 2020. Alokasi ini terdiri dari belanja K/L sebesar Rp1.032 triliun, untuk Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar Rp795,5 triliun.

“Alokasi belanja tersebut untuk memulihkan ekonomi dan prioritas pembangunan di berbagai bidang. Kesehatan misalnya sebesar Rp169,7 triliun, pendidikan Rp550 triliun, infrastruktur Rp417,4 triliun, perlindungan sosial Rp408,8 triliun, ketahanan pangan Rp99 triliun, pembangunan TIK Rp26 triliun, dst,” jelas Presiden.

Ia melanjutkan, secara garis besar, APBN tahun 2021 akan fokus pada 4 hal. Pertama, penanganan kesehatan penanganan Covid, terutama vaksinasi. Oleh sebab itu, anggaran yang berkaitan dengan penguatan sarana dan prasarana kesehatan, laboratorium, penelitian dan pengembangan sangat diperlukan.

Kedua, berkaitan dengan perlindungan sosial, terutama bagi kelompok yang kurang mampu dan rentan. Ketiga, berkaitan dengan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terutama dukungan terhadap UMKM dan dunia usaha.

Keempat, untuk membangun fondasi yang lebih kuat, pemerintah akan melakukan reformasi struktural baik di bidang kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial dan lain-lain.

Ia berpesan agar APBN 2021 harus segera dibelanjakan untuk menggerakkan ekonomi. Bahkan melakukan lelang bisa dimulai sejak Desember 2020 agar di awal Januari program sudah bisa dijalankan. (*)

Rekomendasi Berita