oleh

Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang Hingga 23 November di Sumsel

LINGGAUPOS.CO.ID – Wilayah Sumatera Selatan sudah memasuki musim hujan. Hasil analisis data BMKG menunjukkan adanya potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Sumatera Selatan dalam beberapa hari ke depan.

Menurut pers rilis Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Desindra Deddy Kurniawan menjelaskan kondisi tersebut dipicu oleh pergerakan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), adanya gelombang atmosfer Tipe Low Frequency dan sirkulasi siklonik di sebelah Barat wilayah Bengkulu yang membentuk daerah belokan dan pertemuan angin di (konvergensi).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam beberapa hari ke depan terjadi peningkatan potensi hujan di wilayah Sumatera Selatan sebagai berikut:

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang dengan durasi singkat pada siang/sore hingga malam hari dapat terjadi di wilayah Sumatera Selatan bagian Timur, Selatan dan Utara (OKI, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang)

Potensi hujan dengan intensitas sedang dengan durasi lama pada malam hingga dini hari di wilayah OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir, Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin dan Banyuasin.

Potensi angin kencang dengan kecepatan maksimum 30 – 60 km/jam.

Dengan adanya situasi potensi cuaca ekstrem ini, BMKG menghimbau kepada masyarkat untuk waspada terhadap perubahan cuaca secara cepat dan potensi cuaca ekstrim (puting beliung, hujan es) serta dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang, jalan licin dan meluapnya aliran sungai.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, bisa menghubungi menghubungi BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Telephone: 0711-385024, Whatsapp : 08117878044, http://cuacasumsel.com, Instagram & Facebook: @infobmkgsumsel, Email: meteopalembang@yahoo.co.id.(*)

Rekomendasi Berita