oleh

Waspadai Cuaca Ekstrem

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Dalam dua hari terakhir hujan deras dan angin kencang akan terjadi di wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kota Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara (Muratara) atau MLM. Hal ini disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Sumatera Selatan (Sumsel), Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun SMB II Palembang, Bambang Beny Setiaji.

Menurutnya, hujan deras terjadi di sebagian wilayah dengan intensitas cukup tinggi. Bahkan, sebelum hujan turun, kemungkinan akan ada angin kencang, hal ini jelas membuat warga khawatir karena banyak pohon yang berpotensi tumbang jika terjadi hujan disertai angin kencang. Namun belum dapat dipastikan karena kondisi cuaca terus berubah.

“Meskipun sebagian wilayah masih ada potensi hujan. Namun, kita memprediksi potensi kebakaran tetap ada, terutama di Sumsel bagian Timur,” kata Bambang Beny Setiaji, kepada koran ini, Minggu (14/10).

Kemudian, suhu udara di wilayah Sumsel untuk wilayah dataran rendah sekitar MLM berkisar 18-30 derajat celcius. Sedangkan untuk kelembaban udara 65-100 persen.

“Potensi itu dapat berubah. Kita update setiap hari,” imbau Beny sapaannya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mura, Paisol mengatakan dengan kondisi ini pihaknya akan lebih intens dan bersiaga penuh dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Sehingga, dengan memaksimalkan antisipasi secara penuh.

“Persiapan yang kita lakukan adalah membentuk posko dan monitor di lapangan,” kata Paisol.

Disamping membentuk posko, pihaknya juga akan mempersiapkan sarana yang ada antaranya, empat armada kendaraan roda empat dan tiga unit sepeda motor. Serta peralatan pemadam lahan hutan dengan menyiagakan 30 orang personel yang siap terjun 24 jam. (dlt)

Rekomendasi Berita