oleh

Waspada Penularan Jembrana

 Puskeswan Perketat Pengawasan

LINGGAU POS ONLINE  – Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Curup meningkatkan pengawasan terhadap hewan, terutama sapi yang akan dipasarkan di Kabupaten Rejang Lebong. Informasi ini disampaikan Kepala UPTD Puskeswan Curup, Firi Asdiyanto dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (1/7).

Dijelaskan Firi, peningkatan pengawasan hewan ternak khusus sapi untuk mengantisipasi adanya penularan penyakit pada salah satunya penyakit Jembrana yang bisa menular khusus pada sapi jenis Bali.

“Sejauh ini belum ada kita temukan penyakit Jembrana,” tuturnya.

Firi memaparkan, peningkatan pengawasan kesehatan hewan selain pada ternak hewan pada kalangan peternak lokal juga pada hewan yang masuk dari luar daerah.

“Sapi yang masuk ke Rejang Lebong terus kita pantau, yang masuk ke sini kita periksa kesehatannya untuk memastikan kondisinya sehat dan tidak menularkan penyakit,” jelasnya.

Diakui Firi, ternak sapi dari luar daerah saat ini sudah mulai banyak beredar di Rejang Lebong seiring dalam waktu dekat adanya lebaran Idul Adha yang tentunya banyak masyarakat yang akan melakukan kurban.

“Lebaran ini sekitar satu bulan lagi, jadi jika ada ternak yang terkena penyakit bisa memungkinkan menyebar ke ternak lain, makanya kesehatannya terus kita pantau,” tambahnya.

Pada ternak lokal, tambah Firi, pihaknya juga sudah mendatangi sejumlah kelompok terna yang tersebar di sejumlah tempat.

“Kita sudah mulai keliling ke kelompok-kelompok ternak untuk memantau kesehatan hewan,” katanya. (sam)

Rekomendasi Berita