oleh

Waspada, Penipuan Via Media Sosial Marak Terjadi

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Pengguna Media Sosial (Medsos) wajib waspada. Pasalnya tak sedikit pengguna Medsos terkena aksi penipuan via Medsos.

Pelaku tak segan mengiming-iming korban dengan berbagai modus.

“Jangan mudah percaya dengan pengguna Medsos yang baru dikenal dengan berbagai modus untuk menjalankan aksi penipuan melalui via Medsos,” jelas Kapolres Rejang Lebong, AKBP Napitupulu Yogi melalui Kasat Reskrim, AKP Chusnul Qomar, Minggu (10/2).

Kasat minta berbagai kalangan yang menggunakan Medsos melapor jika menjadi korban penipuan.

Chusnul Qomar, penipuan sering terjadi di dunia maya penipuan dengan meminjamkan uang atau transfer pengguna Medsos lain. Kebanyakan pelaku merupakan orang baru dikenal, dan berada di luar daerah.

Ia meneruskan tak hanya orang tak dikenal tapi terkadang pelaku sengaja melakukan pembobolan akun milik seseorang (Hacker). Sehingga akun-akun sudah dikenal pengguna Medsos lain dimanfaatkan untuk melakukan penipuan.

“Akun bisa di hack, dan akun tersebut bisa dimanfaatkan untuk meminta atau meminjam uang dari akun-akun lainnya yang sudah dibobol karena dianggap sudah dikenal, jadi jangan mudah percaya dengan akun-akun yang baru dikenalnya, ataupun akun lama yang dicurigai sudah dibobol kawanan pelaku,” harapnya.

Selain itu, harap kasat, pengguna akun diharapkan bijak dalam menulis ataupun membuat komentar-komentar sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang bisa mencemaskan atau merugikan orang lain.(09)

Rekomendasi Berita