oleh

Waspada, Cuaca Ekstrem Melanda

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lahat, Marjono SE, MM mengatakan, iklim yang terjadi saat ini tergolong ekstrem, karena sering berubah. Bahkan perkiraan cuaca dari BMKG, sering meleset.

“Sebenarnya masih musim hujan, tapi sekarang cuaca mudah berubah. Minggu kamarin BMKG memprakirakan wilayah kita akan turun hujan, nyatanya panas terik,” katanya, Selasa (6/2).

Lanjutnya, cuaca yang suka berubah berimbas timbulnya beragam kejadian alam di Kabupaten Lahat. Diawal tahun 2018 saja, sudah terjadi bencana longsor, disusul dua kebakaran lahan, dan angin puting beliung. Padahal masih dalam kategori musim penghujan.

“Longsor di Kecamatan Tanjung Sakti, kebakaran lahan di Kecamatan Lahat Selatan, dan Kecamatan Gumay Talang. Sedangkan angin puting beliung, di Kecamatan Mulak Ulu, dan Kecamatan Pseksu,” beber Marjono.

Untuk itu dirinya mengimbau, masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Tanjung Sakti, Pulau Pinang, dan Kikim Area, dapat lebih waspada. Biasanya di wilayah itu sering terjadi longsor dan pohon tumbang.

“Lebih tingkatkan kewaspadaan, karena untuk longsor ini tidak bisa terdeteksi. Jika terjadi bencana segeralah melapor, anggota kita stanby 24 jam,” sampainya. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita