oleh

Waspada Calo CPNS

LINGGAU POS ONLINE – Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bakal diadakan Oktober 2019 ini. Oleh karena itu, diimbau kepada masyarakat yang akan mengikuti seleksi CPNS, untuk tidak terpengaruh dengan calo-calo yang berupaya untuk mencari keuntungan dalam perekrutan CPNS.

“Karena, seleksi CPNS dilakukan secara terbuka, dan tidak ada yang bisa mengubah nilai yang diperoleh dari para peserta seleksi. Sebab, nilai akan langsung diketahui setelah yang bersangkutan keluar dari ruangan,” jelas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Rudi Irawan melalui Kabid Pengangkatan dan Pemberhentian, Wiwik Widianingsih, Senin (26/8).

Jadi, tegas Wiwik, sudah diketahui apakah lulus atau tidak. Maka, jangan terpengaruh dengan bujukan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yang katanya bisa membantu meluluskan orang jadi PNS.

Sampai akhir Agustus 2019 setidaknya ada 170 orang PNS yang pensiun. PNS yang pensiun ini dari berbagai bidang, mulai tenaga guru, tenaga kesehatan hingga tenaga strategis.

Hanya saja Wiwik mengatakan sampai saat ini, ia belum mendapat petunjuk mengenai seleksi CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Wiwik menjelaskan, terkait perekrutan CPNS, pihaknya telah mengajukan kebutuhan PNS di wilayah Mura sebanyak 567 orang. Namun, berapa jumlah yang disetujui oleh pemerintah pusat, belum diketahui. Selanjutnya, terkait kapan akan dilakukannya pelaksanaan seleksi CPNS, sampai saat ini pihaknya belum mengetahuinya, karena belum ada petunjuk teknis terkait hal itu.

Sementara Kepala BKPSDM Kota Lubuklinggau, Zulfikar melalu Kabid Pengadaan Ahyar menegaskan dipastikan tahun 2019 ini Pemkot Lubuklinggau akan membuka perekrutan untuk CPNS dan PPPK. Pasalnya, anggaran untuk perekrutan PPPK sudah tersedia.

Meskipun diakui Ahyar, untuk besaran anggarannya belum diketahui. Namun karena diminta diajukan dan dibuat perekrutan untuk PPPK, pemerintah pun memastikan akan membuka perekrutan PPPK dan CPNSD.

Ahyar mengungkapkan, total ada 270 formasi yang mereka usulkan.

“91 formasi untuk P3K, dan 179 untuk CPNS. Kita tinggal menunggu Juknis dari KemenPAN-RB berapa formasi yang diterima,” ungkap Ahyar.

Sayangnya, meskipun diinformasikan perekrutan CPNS dan PPPK dibuka pada Oktober mendatang sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan Juknis apapun dari pihak KemenPAN-RB.

“Ya kita tunggu aja, pada saat ada Juknisnya, pasti kita umumkan,” tegas Ahyar. (aku/rfm)

 

Rekomendasi Berita