oleh

Waspada Bencana Alam Mengancam

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Faisol mengimbau seluruh masyarakat waspada terhadap bencana dikhawatirkan terjadi ketika musim hujan.

Ia menyebutkan iklim tidak bisa diprediksi membuat BPBD Kabupaten Musi Rawas membentuk posko siaga banjir dan longsor. Agar dapat melindungi masyarakat.

“Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) ditindaklanjuti dengan SK dari Bupati Musi Rawas, maka BPBD Musi Rawas membentuk posko siaga banjir dan longsor,” kata Faisol kepada Linggau Pos, Senin (20/11)

Menurut Faisol, posko siaga banjir dan longsor ini sengaja dilaksanakan agar dapat mengawasi langsung masyarakat terhadap bencana, karena saat ini memang sudah mulai memasuki musim penghujan dan juga mengingat kondisi cuaca sekarang tidak bisa ditentukan.

“Selain longsor dan banjir, kita juga siaga terhadap angin puting beliung. Karena memang bencana ini sering terjadi di Kabupaten Musi Rawas,” ungkapnya.

Namun, Faisol mengatakan, banjir pada November ini pihaknya tidak bisa memprediksi apakah akan banjir atau tidak.

“Memang kita tidak bisa memprediksi, akan tetapi kalau melihat intensitas hujan sekarang maka bisa saja banjir. Rata-rata masyarakat yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS) akan terkena banjir, khususnya di Muara Kelingi, BTS Ulu, Muara Lakitan, Megang Sakti, dan STL Ulu Terawas,” paparnya.

Meski demikian, pihaknya sendiri sudah siaga selama 24 jam dalam mengantisipasi bencana ini. Bahkan untuk bantuan logistik sendiri sudah siap diberikan ketika terjadi bencana.

“Kalau soal bantuan kita langsung berkoordinasi dengan Dinas Sosial, karena kalau masyarakat ingin evakuasi ketika bencana langsung berkoordinasi dengan Dinas Sosial,” imbuhnya.

Faisol mengimbau supaya masyarakat tetap waspada terhadap bencana tersebut, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di DAS. Namun apabila bencana tersebut terjadi maka bisa langsung menghubungi tim BPBD.(19)

Komentar

Rekomendasi Berita