oleh

Wasit dan Juri Tinju Porprov Lahat Dinilai Curang

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel XI berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Bukit Tunjuk, Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Kota Lahat, ternoda. Pasalnya, penilaian Juri maupun Wasit dalam sejumlah pertandingan yang digelar sejak Minggu (20/11) lalu dinilai curang.

Demikian diantaranya dikemukakan oleh Kepala Pelatih Tinju Kontingen Kabupaten Ogan Ilir (OI), M Damin. Dia menyesalkan ketidak-fair-an penilaian Wasit, sebagaimana dialami salah satu atlet tinju Kontingen OI.

Kecurangan dimaksud, sebagaimana dibeberkan pria yang juga pernah menjadi Juri di pertandingan tinju tingkat Asia ini, diantaranya mengenai pukulan telak.

“Saya tidak tahu apakah karena ketidakjelian Wasit atau ada faktor lain, di mana atlet kami pernah dihitung terkena pukulan telak, padahal tidak. Sedangkan saat lawan terkena pukulan telak, malah tidak dihitung,” bebernya didampingi Tim Manajer, Amelia, di sela-sela pertandingan tinju Porprov, Senin (20/11).

Mengenai hal ini, pihaknya sudah mengajukan protes sesuai prosedur. Namun sayangnya, protes tidak digubris.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Persatuan Tinju Nasional (Pertina) Kabupaten Empat Lawang, Purnawarman, melalui Sekretaris Agus Subhan Bakin. Hanya saja, kecurangan ini mereka alamatkan juga kepada Dewan Juri. Di mana, menurutnya, penilaian tidak sesuai dengan jalannya pertandingan.

“Jelas-jelas dilihat dari jalannya pertandingan tadi, atlet kita (Empat Lawang, red) yang paling banyak melepas pukulan telak. Tapi malah atlet lawan (Palembang, red) yang memenangkan pertandingan. Ini kan tidak fair,” sesalnya.

Dia berharap, pertandingan Porprov khususnya tinju ini, selanjutnya dapat berjalan lebih sportif. Terlebih, tema pertandingan ini sendiri mengangkat tema mengenai sportivitas.

“Yang jelas dari kami, pertandingan ini sudah dianggap gagal. Sebab, tidak sportif,” tegasnya. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita