oleh

Warung Bakso dan Bengkel Ludes Terbakar

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Kebakaran hebat terjadi di Kelurahan Tunas Harapan Kecamatan Curup Utara, Rabu (10/10) sekitar pukul 20.00 WIB.  Kebakaran menyebabkan ludes warung Bakso Marem dan bengkel di sebelahnya. Serta menyebabkan dua rumah lainnya mengalami rusak berat.

Salah seorang saksi mata, Amrul Eby menjelaskan, saat dirinya keluar dari rumah tak jauh dari lokasi kebakaran, api sudah menjunjung tinggi.

“Warga mulai berhamburan keluar rumah. Karena lokasi kebakaran di pemukiman padat penduduk. Saat itu api sudah besar dan berada bangunan warung bakso dan bengkel,” cerita Amrul Eby.

Ditambahkan Eby, sembari menunggu mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi, warga sekitar membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Namun, api yang sangat besar membuat warga kewalahan untuk memadamkan api.

“Kalau yang bengkel, rumahnya milik Ruslan. Tapi yang bagian bawah dikontrakkan dan ada usaha bengkel,” kata Amrul Eby.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Diceritakan Amrul Eby, api yang dengan cepat membakar bagian kedua rumah sulit untuk diatasi.

“Ada dua rumah yang rata dengan tanah, dua rumah berada di sebelahnya ikut terbakar dan mengalami kerusakan cukup parah. Kalau sebelah bakso ada usaha pupuk, sementara sebelah bengkel itu rumah keluarga kami Abil, yang ikut terkena kebakaran,” tambahnya.

Pantauan Linggau Pos di lapangan, lebih dari tiga mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk membantu memadamkan api.

Namun api baru bisa dijinakkan sekitar satu jam setengah. Kondisi bangunan yang terkena kebakaran berada di jalan lintas juga menyebabkan terjadi kemacetan cukup panjang mencapai sekitar 1 kilometer.

Kemacetan, diduga selain disebabkan pengendara yang melihat kondisi kebakaran. Terlihat puluhan anggota Polres Rejang Lebong mengurai arus lalu lintas yang macet. Serta mengamankan sekitar lokasi kebakaran mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala BPBD Kabupaten Rejang Lebong, Basuki didampingi Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Rejang Lebong, Zulfan menjelaskan, pasca kebakaran pihaknya langsung memberikan bantuan pada korban kebakaran.

“Bantuan kami berikan dari Baznas, Dinsos dan BPBD, bantuan diberikan berupa seng, peralatan dapur, sang, makanan tambah gizi, pakaian sekolah, beras, uang tunai dan barang lainnya,” paparnya.

Informasi yang Ia terima, kebakaran diduga dari bengkel motor.

“Yang ludes dua dan yang rusak berat ada dua rumah,” tambahnya.

Senada disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Rejang Lebong, Sumardi. Dalam musibah kebakaran, ada 4 rumah terdampak.

Dua diantaranya ludes terbakar dan dua diantaranya rusak berat. Ke-empat pemilik rumah tersebut diantaranya Rusalan Acer (80), Abil (70) Dedi (30) dan Khairul (50).(sam)

Rekomendasi Berita