oleh

Warga Tionghoa Lubuklinggau Gelar HUT Empat Dewa

SELURUH warga Khonghucu di Kota Lubuklinggau memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Empat Dewa yang jatuh pada hari Minggu (19/11). Rangkaian itu dilaksanakan di Kelenteng Wie Teng Bio, Kelurahan Jawa Kanan, Kecamatan Lubuklinggau Timur II.

Seluruh rangkaian acara mulai dari bazar kuliner, stan promo mobil, elektronik, furnitur hingga handphone pun digelar. Tak tanggung-tanggung, kegiatan itu diberi nama bazar kasih ini mengundang seluruh warga Kota Lubuklinggau yang ingin membuka stan di Kelenteng tanpa memandang ras dan agama.

“Semua Kuliner yang kita sediakan ini Halal dan Vegetarian. Kita membuka stan bazar dengan tema Kasih, kita rangkul semua warga Kota Lubuklinggau tanpa memandang Ras dan Agama. Jadi berbaur menjadi satu,” ungkap Ketua Lunar Tahun 2017, Limen pada Linggau Pos, Sabtu (18/11).

Selain mengadakan bazar kasih, di Kelenteng Wie Teng Bio juga menyuguhkan penampilan teater dari anak pesantren saat pembukaan Bazar pada Jumat (17/11).

“Kami sangat terharu, anak dari Pesantren mau berpartisipasi untuk memeriahkan kegiatan kita. Ini adalah simbol bahwa warga di Kota Lubuklinggau sangat menghargai toleransi. Dan ini menjadi suatu kebanggaan sendiri bagi kami yang beragama Khonghucu di Kota Lubuklinggau, bisa hidup rukun bersama seluruh Masyarakat Kota Lubuklinggau,” imbuhnya.

Acara dilanjutkan dengan Sembahyang pada Puncak acara Ulang Tahun Empat Dewa pada Minggu (19/11) di Kelenteng Wie Teng Bio.

“Kita laksanakan Sembahyang pada Minggu pagi di Kelenteng sebagai puncak acara. Acara kita ini juga sebagai langkah awal untuk mewujudkan Chinesetown dan wisata religi di Kota Lubuklinggau yang pernah diwacanakan Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe,” aku Limen dengan Kagum.

Acara yang rutin di gelar pada tiap Tahunnya ini diharapkan bisa menjadi sebuah momen berkumpulnya Masyarakat tanpa mengenal Ras dan Agama. Hal ini terbukti dari ramainya pengunjung yang bukan hanya dari Warga Tionghoa saja.

“Kita benar-benar ingin pada momen seperti ini terbuka secara umum dan berbaur. Kedepannya nanti kita ingin membuka bazar yang lebih umum lagi. Dan di Bazar ini kita sudah berhasil melakukan penjualan 2 unit mobil, ada Mitsubishi Expander dan Suzuki Ignis. Penjualan Plastik dari Olymplast dan Napolly juga cukup lumayan, begitu juga dengan Produk Procella dan masih banyak lainnya,” tutup Limen. (18)

Komentar

Rekomendasi Berita