oleh

Warga Sumatera Utara Angkut Kayu Ilegal

Dilimpahkan ke Kejari

LINGGAU POS ONLINE, SIDOREJO – Diduga dengan sengaja mengangkut hasil kayu dengan tidak dilengkapi surat sah hasil hutan, sebagaimana yang dimaksud dengan pasal 12 hurup e.

Akhirnya, Hairunjen Harahap (41) warga Desa Perlompongan, Kecamatan Air Batu, Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Lubuklinggau, Kamis (9/11).

Kepala Kejaksaan (Kajari) Lubuklinggau, Hj Zairida didampingi Kasi Pidum, Hapit melalui Jaksa Penuntut Umum (JPU), Anton Sujarwo menerima limpahan tersebut dan langsung dilakukan pemeriksaan awal.

“Berkas terdakwa Hairunjen Harahap sudah lengkap atau P21, maka dalam waktu dekat terdakwa akan segera disidangkan,” kata Anton Sujarwo, Kamis (9/11).

Menurut dia, dari hasil pemeriksaan terdakwa diduga dengan sengaja mengangkut hasil hutan tanpa memiliki dokumen dengan surat yang sah milik tentang pencegahan dan pemberantasan kerusakan hutan.

“Kita akan membuktikan itu di persidangan,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini pihaknya belum bisa menentukan berapa hukuman yang bakal dijatuhkan dalam surat tuntutan, karena akan melihat peran terdakwa mengenai hal ini.

“Fakta persidangan merupakan dasar kita untuk menjatuhkan surat tuntutan,” jelasnya.

Kronologis kejadian yang membuat terdakwa harus mendekam di penjara bermula dari razia rutin dan giat patroli aparat kepolisian Musi Rawas.

Senin (9/11), saat aparat sedang melakukan razia di Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, sekitar pukul 17.00 WIB, curiga terhadap mobil terdakwa yang sedang terparkir di rumah Makan Bang Udin.

Curiga dengan gerak-gerik tersebut, sehingga dilakukan pemeriksaan. Hasilnya, ditemukan terdakwa tidak memiliki izin pengiriman.

Berdasarkan pengakuan Hairunjen Harahap, kayu tersebut milik Zainudin Daftar Pencarian Orang (DPO) ia ditelepon oleh Kari Lubet. Sehingga terdakwa di bawah ke Mapolres Musi Rawas guna mempertanggungjawabkan perbuatan yang sudah dilakukan.(19)

Komentar

Rekomendasi Berita