oleh

Warga Protes Tak Masuk DPS

… saya cek nama saya di DPS yang ada di web KPU, nama saya tidak ada. Berulang-ulang saya masukan NIK, tetap saja nama saya tidak muncul dan setelah saya cek satu-satu di DPS tersebut, benar nama saya tidak masuk DPS..

Reni, warga Tebing Tinggi

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Sebagian masyarakat di Kabupaten Empat Lawang, mempertanyakan daftar Data Pemilih Sementara (DPS) yang akan dipergunakan saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 mendatang.

Pasalnya, banyak nama-nama warga yang tidak tercantum pada DPS tersebut.

Padahal, nama mereka sudah masuk saat pencoklitan yang dilakukan pihak KPU Kabupaten Empat Lawang, sebelumnya.

“Saat saya cek nama saya di DPS yang ada di web KPU, nama saya tidak ada. Berulang-ulang saya masukan NIK, tetap saja nama saya tidak muncul dan setelah saya cek satu-satu di DPS tersebut, benar nama saya tidak masuk DPS,” ungkap Reni, salah seorang warga Tebing Tinggi, kepada wartawan, Rabu (28/2).

Tentu saja, selaku warga negara yang sah dan sudah melakukan perekaman e-KTP, dia cukup kaget, sebab pada Pemilukada sebelumnya, dirinya dinyatakan memiliki hak suara dan menyalurkan hak tersebut pada pemilu sebelumnya.

“Setelah saya tanya teman, ternyata bukan hanya saya saja, banyak warga lain yang tidak ada di DPS,” jelasnya.

Ia berharap agar pihak penyelenggara pemilu, benar-benar lebih teliti terhadap data pemilih. Bukan tidak mungkin lanjut dia, panasnya situasi politik pada Pemilukada Empat Lawang, data yang dikatakannya tidak mengakomodir seluruh pemilih di kabupaten ini, menjadi pemicu terjadinya sengketa.

“Kita tahu ini data sementara, bagi yang mengerti namanya tidak ada, mereka akan melapor, bagaimana jika dengan yang tidak mengerti atau tidak peduli, tentu tidak tahu namanya tidak ada di DPS. Karenanya kita berharap, dilakukan pendataan ulang, agar data perbaikan DPS nanti, itu sudah clear dan siap ditingkatkan menjadi Daftar Pilih Tetap (DPS) tanpa ada masalah lagi, agar hak warga negara jangan sampai hilang begitu saja,” harapnya. (10)

Rekomendasi Berita