oleh

Warga Pertanyakan Status Kelurahan Kelumpang Jaya

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Sejumlah warga di Kelurahan Kelumpang Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, pertanyakan status kelurahan mereka. Sebelumnya, kelurahan tersebut bagian dari wilayah Desa Lubuk Kelumpang, Kecamatan Saling.

Meski telah diinformasikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, Kelurahan Kelumpang Jaya sudah memiliki kode wilayah kelurahan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), namun hingga saat ini di database (basis data) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang, nama-nama warga belum tercantum sebagai warga. Namun masih tercatat sebagai warga Desa Lubuk Kelumpang, Kecamatan Saling.

Hal ini menjadi kegelisahan tersendiri di tengah masyarakat. Dengan kondisi status wilayah yang masih belum jelas, sangat tidak mungkin wilayah ini dapat tersentuh bantuan pembangunan dari pemerintah pusat.

Menanggapi keluhan tersebut, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Empat Lawang, RM Sobri mengatakan, status Kelurahan Kelumpang Jaya bersama dengan 5 kelurahan lainnya ditambah satu wilayah desa di Kabupaten Empat Lawang, sudah resmi memiliki kode wilayah, sesuai dengan faktanya wilayah tersebut.

Hanya saja, untuk mengubah database kependudukan, itu dilakukan di bidang lain di Kemendagri, yakni Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri.

“Kami sudah mengurusnya untuk mengubah kode wilayah bagi 6 kelurahan dan 1 desa di Kabupaten Empat Lawang. Untuk mengubah database kependudukan, itu bukan lagi kami yang urus, tapi sudah di Disdukcapil,” kata Sobri.

Dijelaskannya, ketika kode wilayahnya sudah dirubah, selanjutnya Disdukcapil bawa kode wilayah kelurahan dan desa tersebut ke Ditjen. Di sana kata Sobri, pihak Disdukcapil meminta pihak Ditjen Dukcapil merubah semua data kependudukan yang menyangkut di kelurahan yang masih bermasalah itu.

“Selepas itu sudah, resmi wilayahnya sudah tidak ada lagi masalah. Kalau sekarang, itu belum,” jelasnya.

Ditemui terpisah, Kepala Disdukcapil Kabupaten Empat Lawang, Peterson Okki Bial melalui Kabid Informasi Kependudukan, Iskandar M mengakui belum berubahnya status kewargaan di beberapa kelurahan yang sebelumnya belum memiliki kode wilayah sendiri.

“Seperti di Kelurahan Kelumpang Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi, itu warganya masih beralamat Kecamatan Saling, belum berubah,” jelasnya kembali.

Hal ini sebut Iskandar, basis data kependudukan di Kemendagri belum dilakukan perubahan, sehingga saat dilakukan pengecekan secara online, nama-nama warga yang bermukim di kelurahan itu, belum ada perubahan sama sekali.

“Kalau sudah berubah, sudah pasti saya yang duluan ganti KTP, karena memang saya warga sana. Faktanya, saat saya cek, belum ada perubahan sama sekali, artinya pengurusan kode wilayah kemarin itu belum tuntas,” ungkapnya.

Pihaknya sebut Iskandar, masih menunggu penyelesaian pengurusan yang dilakukan Bagian Tapem Setda Empat Lawang dan berharap itu secepatnya diselesaikan.

“Masyarakat memang sudah beberapa kali bertanya kepada saya, kapan selesainya. Bahkan ada yang menyodorkan KTP-El, minta diganti dengan alamat yang baru, tapi percuma, karena memang belum ada perubahan,” tegasnya. (10)

Rekomendasi Berita