oleh

Warga Nibung Ada Penderita Kusta

MURATARA – Seorang laki-laki dewasa di Kecamatan Nibung, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menderita kusta. Saat ini tengah menjalani pengobatan rawat jalan di rumahnya dengan dibantu obat dari Puskesmas setempat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muratara, Ilyas Daud melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Fatahul Rachman menyatakan, data tahun 2018 hanya ada satu orang penderita kusta di Kabupaten Muratara.

“Berdasarkan data yang kami miliki, cuma satu orang yang menderita penyakit kusta, yakni warga Kecamatan Nibung, kami tidak bisa menyebutkan namanya, yang jelas sekarang beliau dalam pengobatan,” katanya.

Lanjut Fatahul, penderita kusta tersebut secara rutin diberikan obat-obatan secara gratis oleh Puskesmas Nibung selama proses pemulihan terhadap luka kudis berwarna kemerahan yang menghiasi sekujur tubuhnya.

“Untuk obatnya kita sediakan di Puskesmas Nibung, kita berharap semoga penyakit yang diderita beliau segera sembuh, kasihan badannya penuh kudis, warnanya sudah kemerah-merahan,” ujarnya.

Fatahul menjelaskan penyakit kusta di tubuh manusia disebabkan oleh bakteri mycobacterium leprae. Bakteri ini tumbuh pesat pada bagian tubuh yang bersuhu lebih dingin seperti tangan, wajah, kaki, dan lutut.

Menurutnya, seseorang tidak akan mudah tertular kusta hanya karena bersalaman dengan penderita atau duduk bersebelahan dengan penderita.

“Penyakit ini tidak mudah menular, perlu beberapa bulan kontak yang sering dengan penderita,” pungkasnya. (Cw3)

Rekomendasi Berita