oleh

Warga Mura Antusias Suksesi Pemilu

MUSI RAWAS – Antusias masyarakat Musi Rawas (Mura), untuk berpartisipasi menyukseskan Pemilu 2019 cukup tinggi. Sebab, jumlah pendaftar Relawan Demokrasi mencapai 90 orang, padahal kebutuhannya hanya 55 orang.

Komisioner KPU Kabupaten Mura Divisi SDM dan Parmas, Syarifudin mengatakan kalau saat ini pihaknya sedang melakukan penelitian terhadap berkas dari pendaftar, karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi mereka. Maka, bila tidak memenuhi syarat yang sudah ditetapkan, dipastikan tidak bisa mengikuti seleksi wawancara yang akan dilakukan pada Rabu (16/1) di Sekretariat KPU Kabupaten Mura.

Adapun syarat pendaftaran Relawan Demokrasi yakni, berusia diatas 17 tahun dan melengkapi dibuktikan dengan fotokopi KTP, melampirkan fotokopi ijazah minimal SMA sederajat, foto 4×6 sebanyak 4 lembar. Kemudian, surat pernyataan tidak menjadi anggota Parpol dalam kurun 5 tahun terakhir, surat pernyataan kesediaan menjadi Relawan Demokrasi, surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS. Selanjutnya, surat pernyataan tidak pernah di pidana, surat pernyataan bukan bagian dari penyelenggara pemilu, termasuk daftar riwayat hidup.

“Memang, diutamakan berusia 25 tahun. Namun, kita tidak memaksakan itu,” kata Syarifudin, Selasa (15/1).

Menurutnya, ada beberapa unsur keterwakilan dari Relawan Demokrasi, terutama para pemilih strategis yaitu basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan. Selanjutnya, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis Relawan Demokrasi.

“Mengenai umur, tidak kita paksakan harus yang berusia 25 tahun ke bawah, karena pemilih berbasis keagamaan, berkebutuhan khusus, disabilitas maupun marginal. Usia mereka , bisa saja diatas 25 tahun. Prinsipnya, tujuan dibentuknya Relawan Demokrasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih, dan kami akan fokus di situ,” jelasnya.

Sementara itu, KPU Kota Lubuklinggau baru menerima 24 orang pendaftar Relawan Demokrasi. Maka, mereka masih kekurangan 31 orang, karena kebutuhan Relawan Demokrasi setidaknya 55 orang. Namun, proses pendaftaran masih berlangsung sampai Rabu (16/1), dimulai pukul 08.00 WIB-16.00 WIB.

Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi SDM dan Parmas, Andre Affandi mengatakan para pendaftar harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan. Sebab, sebelum tahap seleksi wawancara, berkas para pendaftar akan diseleksi terlebih dahulu.

“Semua tahapan dilakukan sesuai petunjuk. Prinsipnya, tujuan dibentuknya Relawan Demokrasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu 2019,” kata Andre Affandi. (aku)

Rekomendasi Berita