oleh

Warga Miskin Harus Bisa Berusaha

CURUP – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019 akan memberikan pemberdayaan pada masyarakat miskin yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Demikian disampaikan Kepala Dinsos Rejang Lebong, Zulfan Efendi, Kamis (27/12).

Dijelaskan Zulfan, pola pemberdayaan terhadap warga miskin nantinya akan dibentuk dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

“Warga miskin harus bisa berusaha, tetap kita fasilitasi dengan membentuk kelompok KUBE yang nantinya akan didampingi,” katanya.

Warga miskin, katanya, nantinya akan dipancing dengan memberikan usaha agar mereka bisa kreatif agar bisa keluar dari kemiskinan. Kelompok KUBE yang beranggotakan warga miskin nantinya akan mendapat pendampingan baik dari pusat maupun pemerintah daerah.

Kalangan masyarakat miskin, nantinya akan diberi modal untuk usaha dengan pemberdayaan objek lokal yang ada di sekitar wilayahnya masing-masing. Kecuali untuk warga miskin kategori disabilitas.

Zulfan juga memaparkan, kelompok KUBE saat ini sudah ada 40 KUBE.

“Nanti awal 2019 didata ulang dan ditambah lagi 100. Jadi ada sekitar 140 KUBE untuk kawasan pedesaan. KUBE ini akan mengangkat produk unggulan lokal,” katanya.

Zulfan menambahkan, bantuan yang akan disalurkan pemerintah itu nantinya berupa pemberian modal usaha kepada setiap KUBE.

“Pola penaganan kemiskinan dalam program ini, masing-masing KUBE akan mengangkat produk unggulan dan diberi dalam bentuk modal uang,” jelasnya.

Usulan masing-masing kelompok KUBE ini diajukan ke pemerintah dan nantinya modal usaha akan disalurkan rekening kelompok, sedangkan besarannya masih akan menunggu petunjuk dari pemerintah pusat (sam)

Rekomendasi Berita