oleh

Warga Masih Buang Sampah di Jalan Protokol

“…Kita tidak bisa secara langsung mengubah kebiasaan warga selama ini, namun harus secara bertahap. Terbukti, dari sepanjang jalan protokol saat ini hanya di simpang Kenanga 1 yang masih ada sampah…”

* Kabid Persampahan, Qodri

LINGGAU POS ONLINE- Upaya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lubuklinggau untuk mengurangi tumpukan sampah di sepanjang jalan trotoar, belum didukung sebagian masyarakat. Terbukti masih saja ada oknum warga yang membuang sampah sembarangan, di tempat sampah yang kini sudah diganti petugas DLH dengan tanaman hias.

Padahal DLH sengaja menghancurkan semua tempat sampah di sepanjang jalan protokol, agar tidak ada lagi masyarakat membuang sampah di pinggir jalan, khususnya di jalan protokol. Warga dialihkan untuk membuang sampah di depan Pasar Bukit Sulap (PBS) yang sudah disiapkan dua kontainer, atau di lingkungan masing-masing menggunakan motor sampah.

Kepala DLH Lubuklinggau, Subandio Amin melalui Kabid Persampahan, Qodri saat dibincangi membenarkan hal ini.

“Ya masih ada, salah satunya di simpang Jalan Kenanga 1. Meskipun tidak banyak tetapi masih ditemukan sampah warga di sana. Padahal kita berharap dengan digantinya kotak sampah di sana dengan tanaman hias, agar warga tidak lagi membuang sampah di pinggir jalan tersebut. Kita tidak ingin di sepanjang jalan protokol, ada tumukan sampah,” jelas Qodri.

Namun Qodri menegaskan, upaya DLH untuk mengurangi tumpukan sampah di jalan protokol berangsur-angsur berhasil.

“Memang kita tidak bisa secara langsung mengubah kebiasaan warga selama ini, tapi harus secara bertahap. Terbukti, dari sepanjang jalan protokol saat ini hanya di simpang Kenanga 1 yang masih ada sampah. Sementara di tempat lainnya sudah bersih dari tumpukan sampah,” ungkap Qodri.

Pihaknya terus mengimbau Camat, Lurah dan Ketua RT untuk lebih peduli terhadap permasalahan sampah di wilayahnya masing-masing.

“Harus peduli. Ingatkan warganya untuk tidak membuang sampah dijalan protokol, karena untuk TPS sudah kita alihkan di depan PBS. Kalau semuanya peduli, apa yang kita harapkan terhadap penyelesaian permasalahan sampah bisa terlaksana,” imbaunya.

Ia juga menambahkan, kedepan untuk mengatasi permasalahan sampah pihaknya akan mengaktifkan gerobak sampah di setiap RT.

Laporan Riena Fitriani Maris

Rekomendasi Berita