oleh

Warga Keluhkan Sulitnya Mendapat Nomor Antrian Pencairan BPUM di Bank

LINGGAUPOS.CO.ID – Setalah diumumkannya usulan para pelaku usaha kecil dan menengah melalui program pemerintah yaitu Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), saat ini banyak masyarakat Kabupaten Empat Lawang khususnya yang mendapat bantuan kebingungan untuk mengetahui jadwal pencairannya.

Seperti yang dialami NA salah seorang pemilik warung di Kecamatan Tebing Tinggi, ia bingung untuk mengambil nomor antrian pencairan Dana BPUM karena tidak ada sosialisasi dari pemerintah yaitu Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja (Disnaker) Empat lawang dan pihak penyalur Bank BRI.

“Iya, kami bingung untuk mendapatkan nomor antrian pencairan BPUM itu mencar dimana – mana , kami tanya langsung ke Bank BRI Talang Banyu di suruh Ke Bank BRI Pasar Tebing,terus nanya Bank pasar disuruh ke Bank Banyu jadi kami bingung,” katanya, Senin (7/6/2021).

NA mengaku kalau tidak ada sosialisasi ataupun pengumuman mengenai tempat dan waktu pengambilan nomor antrian baik dari pihak Bank ataupun Dinas terkait.

“Bagaimana kami bisa tau kalau pengumumannya saja tidak ada , kami di Kota Tebing Tinggi saja tidak tahu apalagi pelaku usaha yang ada di pelosok kota yang jauh dari Bank,” jelasnya.

Senada, MK penerima bantuan lainnya berharap agar penyalur bantuan bisa lebih transparan dalam proses pencairan bantuan yang tentunya sangat di nanti oleh masyarakat pelaku usaha kecil untuk menyambung usahanya pada saat pandemi virus corona yang masih saja melanda dan bahkan terus bertambah setiap harinya.

“Jangan sampai dengan sulitnya pembagian nomor antrian ini di manfaatkan oleh oknum untuk melakukan pungli karena pembagiannya terkesan tertutup dan tidak ada sosialisasi ke masyarakat,” harapnya.

Menanggapi hal itu Kabid UKM Roaisyah mengaku kalau untuk pencairan BPUM bukan lagi kewenangan pihkanya melainkan sudah sepenuhnya menjadi ranah pihak Bank BRI.

“Untuk pencairan langsung ke Bank yo,” kata Roaisyah.

Sementara, Pihak Bank BRI Pasar Tebing Tinggi saat hendak di konfirmasi mengatakan kalau pihaknya belum bisa memberikan tanggapan terkait nomor antrian karena pimpinan Bank tidak ada di tempat.

“Pimpinan sedang tidak ada di tempat, jika ada yang mau dikonfirmasi, silahkan langsung konfirmasi ke BRI Cabang Lahat,” ucap salah satu staf Bank BRI.(*)

Rekomendasi Berita