oleh

Warga Keluhkan Layanan Puskesmas

“Kami minta puskesmas agar meningkatkan disiplin sesuai Tupoksi masing-masing. Sekalipun ketika Ishoma diharapkan tetap ada petugas medis yang berjaga dengan cara bergantian….” Sekretaris Dinkes Muratara Kusrianto

MURATARA – Seorang warga melaporkan tak dapat layanan di Puskesmas Rupit. Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Puskesmas Rupit, Jumat (18/1).

Sidak tersebut dipimpin Sekretaris Dinkes, Kusrianto didampingi Kasi Pelayanan dan Kesehatan, Mirwan.

“Kami Sidak karena tidak menginginkan ada keluhan dari masyarakat mengenai pelayanan dari pihak kesehatan baik RSUD maupun Puskesmas. Karena saat ini Dinkes Muratara gencar memaksimalkan layanan pada masyarakat,” tuturnya.

Ia menuturkan, sebelum Sidak, Dinkes memang mendapat informasi Puskesmas Rupit tidak melayani masyarakat.

“Makanya kami langsung Sidak. Karena kami sangat tidak menoleransi bila adanya pelayanan yang tidak maksimal terhadap masyarakat,” tuturnya, Minggu (20/1).

Berdasarkan hasil Sidak, kata Kusrianto, kejadian tersebut bukan unsur kesengajaan dari puskesmas tetapi karena adanya miskomunikasi antara pasien dan pihak puskesmas.

“Saat pasien datang itu, sedang jam istirahat, jadi pelayanan terhenti sejenak,” tambahnya.

Namun pihaknya tetap berpesan kepada manajemen Puskesmas Rupit, agar lebih meningkatkan lagi pelayanan terhadap masyarakat. Sebab itu sudah kewajiban.

“Kami minta puskesmas agar meningkatkan disiplin sesuai Tupoksi masing-masing. Sekalipun ketika Ishoma diharapkan tetap ada petugas medis yang berjaga dengan cara bergantian,” pesan dia.

Terpisah Kepala Puskemas Rupit, Devi Erawati menyampaikan bila pihaknya menyambut baik koreksi dari masyarakat atas pelayanan yang dilakukan Puskesmas Rupit

“Keluhan masyarakat tersebut akan kami jadikan motivasi, agar dapat meningkatkan pelayanan lebih baik lagi,” tutur Devi.

Namun pihaknya meminta kepada masyarakat tidak hanya dapat memberikan kritikan kepada puskesmas, tetapi dapat memberikan kemudahan bagi pihaknya dalam melakukan pelayanan, dengan mengikuti peraturan yang ada di puskesmas.

“Kami juga berharap masyarakat akan mengikuti prosedur dalam melakukan pengobatan di puskesmas, dengan membawa kartu berobat pada saat berobat, juga jangan datang ke Puskes saat jam kerja telah habis, misal datang lewat dari pukul 14.00 WIB. Karena petugas puskesmas sudah ada yang pulang, tetapi datanglah saat jam kerja,” pesan dia. (cw3)

Rekomendasi Berita