oleh

Warga Inisiatif Jadikan ‘Kampung Lukis’

Di RT 7 Kelurahan Watervang

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – Lingkungan RT 07 Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I sering dikeluhkan lantaran terkesan kotor. Untuk itu warga sekitar berinisiatif, untuk menyulap lingkungan tersebut menjadi kampung lukis.

Kemarin (12/12), warga melukis di dinding yang ada di lingkungan tersebut dengan gambar yang mengandung pesan moral untuk masyarakat. Selain lingkungan di sana menjadi terkesan bersih dan nyaman, juga memberikan manfaat bagi masyarakat yang melintasi lingkungan tersebut. Terlihat, mulai masuk Gang Nusa, Kelurahan Watervang, lukisan warna-warni di tembok-tembok. Lukisan karikatur tersebut bermacam macam, mulai karakter anak, pelangi, bunga dan masih banyak gambar lainnya.

Untuk mengecat tembok dan melukis karikatur, dilakukan oleh warga secara swadaya dan dikerjakan secara gotong royong. Pengerjaannya diperkirakan, membutuhkan waktu lebih kurang satu bulan, dan dilakukan secara bertahap.

Ketua RT 07 Kelurahan Watervang, Selamat Riyadi (48) mengatakan, ide awal menjadikan lingkungan RT 07 menjadi kampung lukis ini, muncul setelah dirinya terpilih menjadi Ketua RT 07 sekitar 3 bulan lalu.

Karena wilayahnya merupakan padat penduduk dan tidak bisa mengembangkan pembangunan, akhirnya muncul inisiatif mengubah suasana kampung jadi tampak berwarna-warni dan indah.

“Setelah terpilih jadi Ketua RT, saya berpikir apa yang bisa diubah untuk membuat perubahan, ya akhirnya muncul ide mengubah warna saja, karena sebelumnya memang agak kumuh,” kata Selamat.

Untuk membuat lukisan di tembok sepanjang sekitar 200 meter ini, membutuhkan cat tembok lebih kurang sekitar 70 Kilogram (Kg). Cat pun dipilih cat yang bagus dan tidak mudah luntur dan rusak.

“Ya kira-kira habis cat sekitar 70 Kg. Ini pun masih ada beberapa titik yang perlu ditambah supaya lebih bagus lagi,” jelasnya

Tujuannya, untuk menjaga lingkungan Aman Sehat Rapi dan Indah (Asri) ,”tuturnya

Konsep kampung lukis ini pun mendapat apresiasi positif dari warga. Mereka mengaku senang karena lingkungannya menjadi bersih, indah dan nyaman.

“Sangat senang, karena lebih bersih dan bagus. Beda dengan sebelumnya yang terkesan agak kotor dan kurang nyaman,” kata Marta Puspitasari, salah satu warga Watervang.

Tambahnya,Kampung lukis ini diharapkan bisa menjadi media sosialisasi dan menyampaikan pesan moral bagi masyarakat luas. Sekaligus bisa menjadi wisata pendidikan bagi anak-anak sekolah,”tutupnya. (CW01)

Komentar

Rekomendasi Berita