oleh

Warga Berperan Atasi Masalah Sampah

CURUP – Penanganan soal sampah di Kabupaten Rejang Lebong butuh dukungan masyarakat. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Rejang Lebong, RA Deni saat membuka sosialisasi tentang Peraturan Daerah (Perda) No.4 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah, kegiatan ini diadakan di ruang pola Pemda Rejang Lebong, Senin (17/12).

Dijelaskan RA Deni, permasalahan sampah bukan hanya tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rejang Lebong saja, namun peran masyarakat untuk sama-sama terlibat dalam penanganan sampah sangat penting. Sehingga menurutnya, Perda pengelolaan sampah ini penting disampaikan pada masyarakat untuk sama-sama berperan menanggulangi masalah sampah.

“Dengan disampaikan masalah Perda pada masyarakat, diharapkan nantinya masyarakat bisa memahami dan ikut berperan untuk penanganan masalah sampah,” harap Sekda.

Selain peran masyarakat, Sekda juga meminta dinas dan pihak terkait untuk bisa menciptakan langkah untuk penanganan sampah.

Misal, teknologi untuk menjadikan kompos maupun barang-barang lainnya bisa lebih bermanfaat sehingga TPS tidak cepat penuh. Sementara itu, Kasat Sat Pol PP, Rachman Yuzir yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan, dalam penegakan Perda soal pengelolaan sampah, pihaknya tidak bisa serta merta memberikan sanksi pada oknum yang membuang sampah sembarangan.

Sebab katanya, untuk memberikan sanksi harus dilakukan teguran tiga kali.

“Kalau sudah tiga kali dilakukan teguran masih membuang sampah baru diberikan sanksi,” katanya.

Ia juga menambahkan, untuk menegakan Perda pihaknya juga telah menyiapkan dua orang PNS dan dalam waktu dekat ini akan ditambah satu orang sehingga bisa menjalani proses persidangan yang bersifat Tindak Pidana Ringan (Tipiring). (sam)

Rekomendasi Berita