oleh

Warga Bangga Miliki Kebun Buah-buahan, Kalau Lagi Musim Jadi Penghasilan Tambahan

Ketika melintasi Kecamatan Tugumulyo, pasti sangat mudah menemui tanaman buah-buahan seperti kelengkeng, mangga, jambu, dan yang lainnya. Bahkan ketika buah-buahan ini sedang panen, menjadi penghasilan tambahan bagi masyarakat.

Laporan Mutiara Rahma, Tugumulyo

Mayoritas masyarakat Tugumulyo memanfaatkan pekarangan bunga dengan menanam aneka buah-buahan seperti kelengkeng, jambu, mangga, sirsak bahkan durian.

Tak ayal ketika sedang musim buah-buahan, panen buah-buahan ini menjadi penghasilan tambahan masyarakat.

“Iya sekarang jadi penghasilan tambahan, karena kalau panennya banyak kami jual. Kelengkeng ini ditanam, bibitnya dikasih pemerintah. Sudah lama tentunya zaman bupati dulu,” kata Piha kepada saya, Kamis (16/11).

Menurut Piha, untuk bisa panen buah kelengkeng hanya menunggu empat tahun.

“Empat tahun sudah berbuah, kadang masyarakat yang membeli langsung ke sini. Kita juga menjualnya tidak mahal-mahal. Kalau makan sendiri kebanyakan, makanya kalau ada yang beli kita langsung jual,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Karim, warga Desa L Sidoarjo, Maryani mengaku tertarik menanam buah-buahan di depan rumahnya karena rindang.

“Selain bisa menikmati buahnya, juga membuat rumah tampak rindang. Kalau bibit saya beli, harganya Rp 50 ribu satu bibit unggul, sekarang sudah belajar berbuah,” tutupnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita