oleh

Walikota Resmikan Gedung Baru Puskesmas Perumnas

Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe meresmikan gedung baru BLUD Puskesmas dan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemkot Lubuklinggau dengan BPJS, bertempat di Jalan Cendana, Kelurahan Tanjung Aman, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Rabu (17/1).

Hadir dalam peresmian tersebut yaitu Sekda Kota Lubuklinggau H Rahman Sani, Sekretaris Dinkes Kota Lubuklinggau H Cik Wi, serta tamu undangan lainnya. Puskesmas Perumnas salah satu Puskesmas rawat inap yang dibangun Pemkot Lubuklinggau, guna meningkatkan pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat.

Peresmian pemakaian gedung baru Puskesmas Perumnas ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemkot Lubuklinggau dengan BPJS, serta pemotongan pita yang dilakukan oleh H SN Prana Putra Sohe.

Pada kesempatan tersebut, H SN Prana Putra Sohe meninjau seluruh ruangan di Puskesmas Perumnas dan berbincang dengan tenaga kesehatan serta masyarakat.

“Dulu Puskesmas ini tidak semega ini, sekarang alhamdulillah seperti rumah sakit berbintang,” ucapnya

Dengan melakukan MUO untuk mengantisipasikan masyarakat Lubuklinggau yang belum ter-cover KIS, BPJS dan program kesehatan lainnya.

“Maka dengan MUO ini kita akan, melengkapi menggantikan kartu Linggau Bisa Sehat dialihkan ke BPJS,” terangnya

Ditambah oleh Nanan, harapannya Puskesmas ini lebih meningkat statusnya menjadi Paripurna. Untuk anggaran dana pembangunan Puskesmas Perumnas tersebut, berkisar Rp 5 miliar dari DAK pusat.

“Semakin tinggi predikat, maka semakin besar juga anggaran yang masuk ke sini, seperti perlengkapan alat-alat kesehatan dan sebagainya,” harapnya

Kepala BPJS Kesehatan Lubuklinggau, Icwansyah Gani mengaku dengan adanya kerjasamanya ini semakin ada jaminan kesehatan bagi warga.

“Saat ini kita baru mencapai, sebanyak 5.265 jiwa. Pemenuhan kuota akan dilakukan secara bertahap berdasarkan data rekomendasi Dinas Sosial Kota Lubuklinggau,”ucapnya

Sementara itu Kepala Puskesmas Perumnas, Hj Titin Wuryaningsi mengungkapkan, gedung baru Puskesmas Perumnas dibangun sejak April lalu dan telah difungsikan seluruh ruangan untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama 24 jam.

“Secara bertahap kami akan mengupayakan Puskesmas Perumnas, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Titin juga mengungkapkan, Puskesmas Perumnas menyediakan berbagai pelayanan, seperti unit gawat darurat 24 jam, pelayanan ibu bersalin dan bayi tingkat dasar atau Poned 24 jam.

“Pelayanan rawat jalan yang terdiri dari poliklinik umum, gigi, kesehatan ibu dan anak, poli keluarga berencana, pelayanan administrasi kesehatan, dan pelayanan rawat inap tingkat pertama,”jelasnya

Sedangkan pelayanan di luar gedung sebagai besar bersifat promotif dan pencegahan. Bentuknya berupa program penyuluhan, sosialisasi, imunisasi di posyandu, pengobatan khitanan, serta kegiatan sosial kemasyarakatan.(20)

Komentar

Rekomendasi Berita