oleh

Walikota Dukung Produksi Pakan Ikan

Inovasi Dosen ITB

KELOMPOK Petani Ikan Kota Lubuklinggau, mendapat ilmu langsung dari dosen Institut Teknologi Bandung (ITB), DR Muhammad Yusuf Abduh, Nurhayati Br Tarigan, dan Bagoes M. Indrajaya. Sosialisasi tentang pembuatan pakan ikan dari larva lalat tentara hitam, di Kantor Dinas Perikanan Kota Lubuklinggau, Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuklinggau Timur I, Jumat (15/12).

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, Ketua STIE MURA-Lubuklinggau sekaligus Direktur Pascasarjana H Abdullah Hehamahua, Kepala Dinas Perikanan Lubuklinggau, Trisman yang diwakili oleh Sekretaris, H Sunar, Penyuluh Peternakan Lubuklinggau, Kelompok Petani Ikan serta tamu undangan.

Hadir langsung sekaligus turut melakukan demo uji coba pembuatan pakan ikan dari budidaya larva lalat tentara hitam. Nanan menegaskan, kalau pemerintah pastinya sangat men-support produksi pakan ikan, inovasi dari ITB tersebut.

“Saya tentu saja sangat senang sekali kedatangan pada tamu jauh dari ITB, untuk memberikan inovasi-inovasinya kepada masyarakat Lubuklinggau. Sebelumnya kita tidak pernah tahu, kalau larva lalat tentara hitam ini bisa dijadikan pakan ikan. Namun, dengan kedatangan dosen dari ITB, maka kiat semua di sini mengetahuinya dan nanti bisa diterapkan dalam pembudidayaan ikan,” kata H SN Prana Putra Sohe, Jumat (15/12).

Dengan demikian dalam pembahasan anggaran akhir tahun 2017 ini, dirinya akan memprioritaskan untuk sektor perikanan, khususnya dalam inovasi pembuatan pakan ikan dari budidaya larva lalat tentara hitam.

“Kita tidak perlu menyaingi industri produksi pakan ikan yang sudah berskala besar, tapi kita harus memulainya dulu. Apalagi dari pihak STIE MURA-Lubuklinggau yang bekerja sama dengan dosen ITB langsung memberikan bantuan alat, yang nominalnya sangat mahal. Sehingga, petani kelompok petani ikan harus serius dan semangat dalam pemanfaatannya,” tegasnya.

Untuk itu, H SN Prana Putra Sohe mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkontribusi dalam kemajuan Kota Lubuklinggau, sehingga diharapkan kedepan sektor perekonomian khususnya dibidang perikanan bisa maju dan berkembang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Lubuklinggau, H Trisman melalui Sekretaris, H Sunar mengaku senang dan bangga karena mendapatkan ilmu langsung dari dosen ITB.

“Yang kita undang datang hari ini adalah penyuluh peternakan serta kelompok petani ikan. Harapan kita nanti apa yang diterima dari dosen ITB ini dapat segera diterapkan. Apalagi, kalau Walikota Lubuklinggau sudah mendukung dan siap memberikan anggaran untuk program ini,” tuturnya.

Dengan demikian, lanjut Sunar, sektor perikanan di Kota Lubuklinggau bisa meningkat. Apalagi produksi ikan saat ini tidak kurang dari 3.000 ton per tahun. Sehingga inovasi pembuatan pakan ikan dari larva lalat tentara hitam sangat dibutuhkan.

“Terima kasih untuk Ketua STIE Mura-Lubuklinggau yang sudah mendatangkan dosen dari ITB, besar harapan kita sosialisasi ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita