oleh

Wakil Merah Putih Rontok di Babak Pertama

Malaysia Masters 2019

KUALA LUMPUR – Baru memasuki babak pertama turnamen Malaysia Masters 2019, wakil Indonesia sudah banyak yang berguguran dan terpaksa mengangkat koper dari kejuaraan pembuka di tahun 2019 tersebut.

Di pertandingan babak pertama yang digelar di Stadium Axiata, Kuala Lumpur Sport City, Malaysia, Rabu (16/1) kemarin, ada empat wakil dari nomor tunggal putri yang terpaksa tersingkir.

Keempat wakil Indonesia tersebut adalah, Gregoria Mariska Tunjung, Lyany Alessandra Mainaky, Yulia Yosephin Susanto, dan Ruselli Hartawan.

Untuk Gregoria sendiri sebelumnya sudah diprediksi akan sulit untuk bisa melewati babak pertama. Pasalnya, pebulutangkis kelahiran Wonogiri, 11 Agustus 1999 itu dihadapkan dengan wakil Thailand yang menjadi unggulan keenam, Ratchanok Intanon di babak pertama tersebut.

Dalam pertarungan, Rabu (16/1) kemarin, Gregoria lagi-lagi dikalahkan oleh Ratchanok dalam dua game langsung. Gregoria takluk 15-21, 16-21 usai bertarung selama 38 menit.

Meski demikian, di awal game pertama, Gregoria sempat memberikan perlawanan yang berarti bagi pebulutangkis peringkat delapan dunia tersebut. Terbukti, Gregoria sempat di atas angin setelah memimpin jalannya pertandingan dengan skor 7-3.

Namun sayang, hal itu tak mampu dipertahankan oleh Gregoria yang pernah menjadi juara dalam ajang Kejuaraan Dunia Junior BWF 2017 di Jogjakarta tersebut hingga akhir. Hasilnya, Ratchanok berhasil memimpin jauh 19-10 dan menang dengan skor 21-15.

Memasuki game kedua, lagi-lagi Gregoria memberikan perlawanan di awal dengan memimpin 6-0. Namun, tunggal putri besutan klub Mutiara Bandung ini tak konsisten sehingga balik tertinggal dan kalah 16-21.

“Sebelum bertanding saya sudah mengantisipasi kelebihan dia. Saya juga nonton pertandingan terakhir dia untuk mempelajari. Saya juga sudah diingatkan untuk siap capek oleh pelatih. Cuma dia lebih konsisten sementara saya masih suka lepas-lepas,” ungkap Gregoria usai pertandingan seperti dikutip situs resmi PBSI, Rabu (16/1) kemarin.

“Ketika lawan merubah pola saya kurang bisa cepat antisipasi. Saya sudah mencoba yang terbaik, tapi mungkin permainan saya belum keluar semua,” sambung Gregoria.

Hasil ini jelas, telah gagal mengantarkan Gregoria untuk melangkah ke babak kedua Malaysia Masters 2019. Bahkan, hasil ini juga menambah rentetan kekalahan Gregoria atas Ratchanok menjadi 3-0.

Ya, keduanya sebelumnya pernah dua kali bertemu dalam ajang Indonesia Terbuka 2018 dan Jepang Terbuka 2018. Di ajang Indonesia Terbuka 2018, bulan Mei, lalu, Gregoria dikalahkan dengan skor 15-21 dan 13-21. Sedangkan di Jepang Terbuka 2018, September lalu Gregoria takluk dengan skor 11-21, 21-17 dan 14-21.

“Kelebihan dia yang paling kelihatan adalah penempatan bola dan ngaturnya dia di lapangan. Jadi tiga kali ketemu, dia selalu bisa mengontrol permainan saya. Saya jadi lebih ketekan lawan,” terang peraih medali perunggu SEA Games 2017 di Kuala Lumpur tersebut.

“Evaluasinya mungkin ada dipengembalian bola saya yang masih enak buat dia terima. Sebenarnya masalah kecepatan dia tidak terlalu cepat seperti (Carolina) Marin. Tapi dia mengatur bola dan akurasinya memang bagus. Saya masih kewalahan mengikuti polanya dia,” tambahnya.

Selain Gregoria, tunggal putri lainnya yang juga kandas di babak pertama ini adalah, Ruselli Hartawan. Pemain yang lolos ke babak utama setelah mengalahkan wakil India, Rituparna Das di babak kualifikasi itu terpaksa angkat koper setelah ditaklukan oleh Yip Pu Yin dengan skor 19-21, 21-18 dan 21-17.

Sedangkan, Lyany Alessandra Mainaky gagal melangkah ke babak kedua Malaysia Masters 2019 usai dikalahkan Line Hojmark Kjaersfeldt dalam straighat game dengan skor 9-21 dan 15-21.

Terakhir, Yulia Yosephin yang juga gagal melangkah ke babak kedua Malaysia Masters 2019. Yulia gagal setelah menghadapi pertarungan rekan senegaranya Fitriani.

Pada pertandingan tersebut, Yulia kalah dari Fitriani dalam pertarungan yang berjalan selama 39 menit, dalam dua game langsung dengan skor 21-16 dan 21-18.

Dengan hasil ini, tunggal putri hanya menyisakan Fitriani. Fitriani yang memiliki modal bagus dengan meraih gelar juara Thailand Masters 2019 beberpa pekan lalu bakal menghadapi unggulan kelima dari China, He Bingjiao.

Selain dari sektor tunggal putri, dari nomor ganda putra dan putri Indonesia juga sudah ada yang tersingkir di babak pertama Malaysia Masters 2019.

Dari nomor ganda putri, Agtatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga kandas di babak pertama usai ditaklukan wakil Thailand, Puttita Spajirakul/Sapsiree Taerattanachai dengan 21-13 dan 21-9.

Sedangkan di nomor ganda putra, Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra harus angkat koper setelah dikalahkan rekan senegaranya yang menjadi unggulan pertama. Tidak lain, dia adalah, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dengan skor 21-16 dan 21-17.

Meski banyak yang berguguran, namun masih banyak juga wakil Merah Putih yang tembus ke babak kedua Malaysia Masters 2019. Seperti di nomor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja berhasil melalui babak pertama Malaysia Masters 2019 dengan kemenangan.

Namun, keduanya akan saling berhadapan untuk memperebutkan satu tempat di perempat final. Bagi mereka, pertandingan nanti tersebut, mendaji yang kedua kalinya. Sebelumnya di Korea Open 2018, Praveen/Melati harus mengakui keunggulan Hafiz/Gloria dengan 16-21, 22-20 dan 13-21.

Pastinya kami ingin revans dari Korea kemarin, kami berusaha bermain sebaik mungkin. Mereka pasti pengen menang dan kami apalagi. Persiapannya harus sebaik mungkin, ujar Praveen. “Pokoknya fight aja di lapangan dan berusaha untuk menang,” tambha Melati.

Selain itu, di nomor ganda putri, Virni Putri/Della Destiara Haris berhasil melanjutkan langkahnya ke babak kedua. Hasil itu setelah ia mengalahkan unggulan tujuh, Jongkolphan Ktitharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand) dengan skor 17-21, 21-19 dan 27-25. Selanjutnya di babak dua, Virni/Della akan berhadapan dengan Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata (Jepang).

“Kami harus lebih kuat lagi, karena mereka kan kuat di lapangan. Sama konsisten terus,” ungkap Della.

“Pokoknya jangan mati sendiri dan harus bisa lawan. Karena ini kan level 500, lawannya berat, nggak kaya lawan-lawan di turnamen sebelum- sebelumnya. Saya harus lebih siap,” tambah Virni.

Selain Virni/Della, ganda putri juga meloloskan dua wakil lain ke babak dua. Mereka adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto. Di nomor ganda putra, Wahyu Nayaka Arya/Ade Yusuf Santoso dan Berry Angriawan/Hardianto juga berhasil mendapatkan tiket babak kedua.

Sedangkan di nomor tunggal putra, andalan merah putih, Anthony Sinisuka Ginting harus susah payah untuk bisa menembus babak kedua Malaysia Masters.

Ya, di babak pertama, Anthony sudah dipaksa bermain tiga game oleh lawannya, Khosit Phetpradab (Thailand), meki akhirnya ia mamu menang dengan skor 18-21, 21-9 dan 21-10 setelah bermain selama 66 menit.

Selanjutnya di babak dua, Anthony masih menunggu lawan antara Rasmus Gemke (Denmark) dan Kashyap Parupalli (India). “Untuk besok saya akan mengevaluasi lagi dari permainan saya hari ini. Harus lebih siap di lapangan, siap capek, siap susah, siap main apa saja,” tutur Anthony. (gie/fin/wsa)

Rekomendasi Berita