oleh

Wajib, PPK Harus Netral

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Rawas, Ach Zaein meminta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dapat menjaga sikap profesional dan bertindak netral pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2018.

Menurutnya, kejujuran dan netralitas harus dijaga agar tidak ada kecurigaan dan kecurangan dalam pelaksanaan Pilkada. Sebab, peran PPK sangat menentukan suksesnya pelaksanaan Pilkada, aturan dan regulasi harus benar-benar dipahami dengan baik.

“Bila ada permasalahan yang diragukan komunikasikan dengan baik. Sebab, suksesnya Pilkada berada di tangan kalian,”katanya, Sabtu (4/11).

Ditambahkan Divisi Teknis KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Lizazurani, kesalahan yang dilakukan oleh PPK akan diemban oleh KPU. Maka, dirinya meminta agar 70 petugas PPK yang tersebar di 14 kecamatan ini, untuk menjalankan tugas dengan baik, dengan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang melawan hukum.

“Petugas PPK, jangan coba-coba untuk mengubah suara. Sebab, kalau itu sampai terjadi pasti akan ketahuan, dan kami tidak menginginkan itu,” katanya.

Menurutnya, dari berbagai pengamatan yang sudah dilakukannya, permasalahan kerap terjadi di tingkat kecamatan yakni PPK yang merupakan panitia Adhoc. Sebab, di tingkat KPU Kabupaten/Kota khusus wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tidak pernah terjadi kesalahan.

“Ya itu tadi, yang buat salah panitia Adhoc (PPK, red) yang repot KPU. Jadi, pelajari dengan betul apa yang jadi tugas pokok. Sudah lakukan itu saja, jangan yang lainnya,” jelasnya.

Apalagi, dilanjutkannya, di Pilkada serentak 2018, satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tempatkan Pengawas TPS, yang merupakan perpanjangan tangan Panwaslu di tingkat TPS.

Selain itu, dirinya juga meminta kepada seluruh petugas PPK untuk kuat mental dalam menjalankan tugasnya, sebab para politikus sering menggertak, dikarenakan suara yang dimiliki Partai Politik (Parpol) yang dipegangnya kecil.

“Tapi jangan loyo juga, digertak sedikit langsung takut. Jangan takut kalau kita benar,” ungkapnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita