oleh

Wajib KTP-El Capai 299.775 Orang

Disdukcapil Gencar Jemput Bola

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) gencar laksanakan jemput bola untuk perekaman.

Pelayanan lainnya berupa cetak data perekaman yang statusnya sudah siap cetak atau Print Ready Record (PRR).

Instruksi ini diperintahkan Bupati Mura, H Hendra Gunawan, agar semua hak warga Kabupaten Mura dalam pemilihan di Pilkada mendatang merata akan dilaksanakan 27 Juni 2018.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Mura, Y Mori melalui Kabid Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Rahman mengatakan bahwa realisasi perekaman KTP-El per 28 Mei 2018 dengan wajik KTP-El sebanyak 299.775 orang.

“Kemudian yang sudah melakukan perekaman sebanyak 277.717 orang, sementara yang belum melakukan perekaman 22.058 orang, untuk yang belum cetak sebanyak 12.561 orang,” kata Rahman, Sabtu (9/6).

Sementara data PRR sudah dicetak hingga kemarin lebih kurang 4.500 orang, yang siap didistribusikan ke masing-masing kecamatan.

“Kita terus jemput bola baik di kantor Disdukcapil tetap membuka layanan perekaman dan tetap cetak di hari libur. Kita jemput bola di kecamatan-kecamatan menggunakan mobil jemput bola,” ungkap Rahman.

Lebih lanjut Rahman menyebutkan apalagi saat ini anak sekolah yang terdaftar sebagai pemilih pemula sudah libur agar bisa dikejar untuk melakukan perekaman.

“Saat ini pemilih pemula sudah libur, jadi kita kejar untuk melakukan perekaman di setiap Kecamatan,” terang Rahman.

Lalu bagaimana dengan blangko? Rahman menegaskan untuk blangko masih aman, tersisa masih ada 9.000 blangko yang siap digunakan. Bahkan Suket saat ini hanya diberikan untuk sementara menunggu data mereka dengan status PRR. Dan itu tidak memakan waktu yang lama.

“Setiap kecamatan yang alat perekamnya masih berfungsi, tetap buka pelayanan perekaman. Ada beberapa yang alatnya rusak, seperti di Kecamatan Selangit dan Muara Beliti. Kita lakukan jemput bola dengan alat kita, untuk saat ini mereka yang melakukan perekaman menunggu 15-20 hari, insya Allah sudah siap cetak. Asalkan data perekaan mereka sudah PRR,” jelasnya. (13)

Rekomendasi Berita