oleh

Wajib, Kita Harus Paham Budaya Sendiri

Budaya… Pengen tahu, apa sih yang dibayangkan Smarters ketika mendengar kata budaya?

Kids zaman now malas banget ya bahas tentang budaya, yang seharusnya kita pelajar dan kita pahami. Minimal budaya kita sendiri. Yakin gak sih, pasti ada beberapa Smarters yang tahu tentang budaya kita sendiri, dan ada juga yang nggak tahu.

Simak yuk, pendapat pelajar zaman now mengenai budaya lokal.

“Hmm, mandi kasai untuk adat pernikahan terus ada tarian Silampari Kayangan Tinggi yang biasa dipakai untuk penyambutan, batik duren, baju adat Lubuklinggau, rumah panggungnya juga,” ungkap pelajar berinisial RQ, yang mengaku paham karena  telah berkecimpung di dunia seni.

Menurut Wikipedia Indonesia, budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Nah itu guys, definisinya.

Remaja sekarang, sedikit mengesampingkan pentingnya budaya itu sendiri.

“Penting banget tahu budaya kita sendiri, kan kalau ditanya orang asing soal budaya, malu dong kita kalau nggak tahu sama sekali,” lanjut RQ.

Budaya apa yang harus dipertahankan oleh pelajar?

“Budaya ramah-tamahnya sih, harus banget dilestarikan terus. Karena kan, kita butuh berinteraksi dengan orang banyak, apalagi kalau ada orang datangan dari luar,” sambung RQ.

Ada juga yang berpendapat lain loh…

“Budaya khas nya itu, misal dari segi baju adat, kain, dan rumah adat, itu semua harus terus dilestarikan dan jangan sampai di ambil haknya oleh orang lain” ungkap siswi berinisial MV.

Berkontribusi dengan budaya sendiri

“Budaya kita harus dipahami, diperhatikan dan dilaksanakan. Apalagi pemerintah setempat sudah memberikan banyak sosialisasi dan acara yang memperkenalkan budaya kita sendiri, di situlah kita bisa ikut berkontribusi,” jelas pelajar berinisial NY.

Yah Smarters, jangan pernah malu dan takut untuk ikut serta memperkenalkan budaya kita sendiri. Kita seharusnya bangga, apalagi sudah hampir tiap tahun menjelang HUT Kota Lubuklinggau kita mengadakan  festival budaya kan.

Dengan berbagai event yang diadakan, di sanalah kita berkontribusi sebagai pelajar,  juga terus melestarikan budaya kita. Sekali-kali akun sosial medianya dipakai untuk update soal budaya ‘Wong Kito Linggau’ juga yah guys he…he…

Smarters, yang baru tahu budaya kita sendiri. Yuk, mulai dari sekarang kita memperkenalkan budaya kita ke dunia luar, biar kota kita menjadi kota yang dikenal banyak orang, dan pastinya tetap dijaga keramah-tamahannya ‘Orang Linggau’. Bangga Budaya Sendiri!(s3)

Komentar

Rekomendasi Berita