oleh

Wadah Mendisiplinkan Diri

Ekstrakurikuler Paskibra SMK Negeri 1 Lubuklinggau, sudah berdiri sejak lama. Ekstrakulikuler di bawah binaan Bapak Kms. Ahmad Badawi dan Bapak Eferi ini, memiliki 17 orang anggota senior dan 33 orang anggota junior. Selengkapnya, simak ya Smarters.

Bagaimana dengan sistem latihan ekstrakulikuler ini?

“Kami latihan setiap Senin dan Rabu. Sistemnya, untuk Senin kami fokuskan ke pembelajaran materi dan setia Rabu kami latihan PBB di lapangan,” ungkap Ketua Ekstrakurikuler Paskibra SMK Negeri 1 Lubuklinggau, Ferdi.

Materi yang sering diajarkan, dilanjutkannya, seperti sejarah terbentuknya Paskibra, cara-cara pengibar, penggerek, baki pertama kali ukuran bendera pusaka.

“Ketika  di lapangan,  diajarkan dasar-dasar Pasukan Baris-Berbaris (PBB) yang benar, dan pematerian sering diisi oleh kakak senior, selain itu juga mengajarkan materi akidah,” tambah Ferdi.

Ketika latihan juga, mereka menyelipkan sedikit permainan kecil, “Games selalu ada setiap kami latihan yang super capek, jadi sering bermain games 0-0 untuk menghibur diri,” lanjutnya.

Apakah ada agenda khusus untuk ekstrakulikuler ini?

“Agenda kita yang khusus itu penggemblengan anggota Paskibra yang siap dilatih untuk calon Paskibraka, dan itu latihannya setiap Sabtu, dan juga kami memiliki tugas mingguan yaitu melatih upacara” jelasnya lagi.

Sebenarnya, ekstrakulikuler Paskibra ini wadah yang seperti apa sih?

“Merupakan wadah untuk mendisiplinkan diri, menghargai jasa para pahlawan, memiliki jiwa nasionalisme, menghargai sesama dan menjadi seorang anggota Paskibra adalah kebanggaan tersendiri bagi setiap anggotanya sebab Paskibra terkenal akan kedisiplinannya, itu sih menurut pandangan pribadi saya,” ujar Ferdi

Eit… Mereka juga ada nama khusus loh buat tim mereka yaitu MIP (Merah Itam Putih) untuk pasukan senior, untuk junior cewek sering disebut Srikandi dan untuk junior cowok sering disebut Bima Sakti.

“Alhamdulillah, untuk tahun 2017 ada dua perwakilan kami yang menjadi Paskibra Kota Lubuklinggau,” ucapnya.

Tim Paskib SMK Negeri 1 Lubuklinggau, sudah meraih beberapa prestasi salah satunya Juara 1 Lomba Gerak Jalan Cewek tahun 2014.

Apakah pernah mengadakan latihan gabungan dengan sekolah lain?

“Kami pernah Latihan Gabungan (Latgab) dengan SMK Negeri 3, SMK PGRI, MAN 2, MAN 1 dan yang terakhir Latgab seluruh sekolah di Lubuklinggau yang diadakan oleh PPI,” imbuhnya.

Bagaimana respon sekolah terhadap ekstrakulikuler ini?

“Alhamdulillah sekolah selalu mendukung, dan selalu diapresiasi karena setiap senin pengibaran bendera selalu ada kemajuan,” tutup Ferdi.(s3)

Rekomendasi Berita