oleh

Vitamin C Berlebih Rusak Ginjal

LINGGAUPOS.CO.ID— Mengonsumsi vitamin C tak melulu membuat tubuh sehat. Porsi perhari yang berlebihan bahaya bagi ginjal.

Spesialis Gizi Klinik, RS Ibnu Sina, dr Asrini Safitri SpGK mengatakan mengonsumsi vitamin C secara berlibahan akan membuat saluran pencernaan bermasalah, seperti mual dan diare. Bahkan tak sedikit yang berujung batu ginjal. Penyebabnya batu ginjal akibat oksalat saling terikat dengan mineral. Dari hal itulah terbentuk kristal yang merupakan penyebab batu ginjal.

Selain itu, konsumsi vitamin C berlebih kurang baik bagi tubuh karena menyebabkan peningkatan zat besi ke dalam tubuh. Akibatnya, timbul kondisi hemokromatosis atau penumpukan zat besi yang bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti hati, jantung, pankreas, kelenjar tiroid, dan sistem saraf pusat. “Normalnya kebutuhan vitamin C secara umum, yaitu 60 hingga 90 miligram per hari,”jarnya kepada FAJAR, Jumat, 26 Juni.

Misalnya, satu buah jeruk memiliki 70mg vitamin C. Untuk yang kandungannya 90mg vitamin C bisa didapatkan dari buah kiwi dan satu iris pepaya. “Tiap satu buah itu beda-beda, tetapi kalau mengonsumsi satu buah utuh kita sudah bisa penuhi kebutuhan vitamin C per hari,” katanya.

Jika tubuh kekurangan vitamin C karena jarang mengonsumsi sayur dan buah bisa di tambahkan dari suplementasi.

Ahli Gizi dan Menu Sehat UMI, Dr Andi Nurlinda SKM MKes juga menyarankan agar tidak berlebih konsumsi vitamin C perhari, konsumsi satu buah saja. “Karena tidak pernah berlebih kandungan vitamin C nya kalau satu buah,” katanya.

Meski demikian, vitamin C kata dia bisa keluar melalui urine. Intinya, tetap saja atur konsumsi vitamin C tiap hari. “Suplemen vitamin C yang isinya 1000mg baiknya tidak sekali diminum, karena itu sangat berlebihan,” tuturnya.

Berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG), anak di atas satu tahun membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 40-45 mg. Sedangkan remaja berusia di atas 12 tahun perlu memenuhi kebutuhan vitamin C sekitar 65-90 mg per hari. Sedangkan Untuk orang dewasa di atas 18 tahun, kebutuhan vitamin C harian Anda adalah 75-90 mg.(*)

Rekomendasi Berita