oleh

Vaksinasi Tahap 3 di Lubuklinggau, Sasar Guru dan Lansia

LINGGAUPOS.CO.ID – Setelah vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Lubuklinggau selesai, proses vaksinansi tahap ke tiga di Kota Lubuklingau terus akan dilanjutkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklidnggau, Cikwi mengatakan rencananya kedatangan vaksin sinovac di Lubuklinggau, Kamis (8/4/2021) jumlahnya 800 vial. Satu vial 10 dosis, sehingga akan cukup untuk 8.000 dosis pertama.

“Sasaran untuk termin ketiga ini sesuai arahan, yakni untuk lansia dan guru,” kata Cikwi, Rabu (7/4/2021).

Dikatakannya, sebagian guru sudah divaksin tahap dua, jumlahnya hampir 2.000 guru, dari SD. Tahap ketiga ini melanjutkan guru SMP, PAUD, guru dari sekolah swasta dan guru-guru SMA di Lubuklinggau.

Tidak hanya guru tapi semua yang berhubungan dengan sekolah, mulai dari satpam, petugas katin, petugas kebersiahan, serta siapapun yang ada dilingkungan sekolah.

“Ini sebagai langkah awal persiapan dari sekolah tatap muka di Lubuklinggau,” katanya.

Sedangkan untuk lansia, potensi jumlah total sekitar 18 ribu orang. “Pada tahap kedua lalu kita sudah dahuluan haji, sudah 80-an orang. Memang beberapa ada yang tertunda karena dari hasil skrining mereka harus ditunda,” katanya.

Vaksinasi ini akan segera dimulai setelah vaksin tiba di Kota Lubuklinggau. “Kalau jadi vaksin tiba Kamis (8/4/2021), artinya Jumat (9/4/2021) sudah didistribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan, tempat pelaksanaan vaksin,” katanya.

Terkait pelaksanaan vaksin di bulan ramadan, dirinya belum mendapatkan petunjuk. Bagaimana teknis, apakah distop atau tetap jalan. “Tapi menurut saya, prinsip vaksinasi ini harus tetap jalan,” katanya.(*)

Rekomendasi Berita