oleh

UU Perlindungan Konsumen Perlu Direvisi

“…sejak disahkan hingga saat ini belum dilakukan revisi, padahal sudah masanya untuk di-update…” Kepala Disdagrin Kota Lubuklinggau, H Surya Sarma

LINGGAU POS ONLINE – Dalam menjaga dan melindungi konsumen pemerintah masih mengacu pada Undang-Undang (UU) No.08 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Namun, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kota Lubuklinggau, H Surya Darma menilai UU tersebut harus diperbaharui atau direvisi.

Hal ini disampaikan mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Lubuklinggau ini dalam kegiatan seminar perlindungan konsumen.

“Sejak disahkan hingga saat ini belum dilakukan revisi, padahal sudah masanya untuk di-update,” ungkap Surya Darma, Senin (5/8).

Menurut Surya Darma, UU tersebut sudah tidak cocok lagi diterapkan dengan kondisi seperti saat ini. Untuk melakukan revisi tentunya masing-masing daerah melalui legislatif harus menyampaikan usulan.

“Harus ada usulan daerah, nanti akan kita bahas dengan legislatif,” ungkap Surya Darma.

Diakui Surya Darma, pengawasan dan perlindungan konsumen bukan hanya tanggung jawab Disdagrin Kota Lubuklinggau saja, tapi semua elemen masyarakat. Termasuk Loka POM Lubuklinggau, BPSK, Polres Lubuklinggau dan seluruh masyarakat.

Surya Darma mengimbau jika masyarakat ada temuan terkait produksi, distribusi dan pemasaran suatu produk yang mencurigai harap lapor ke Disdagrin Kota Lubuklinggau terlebih dahulu.

“Jangan langsung ke media mengingat ini menyangkut usaha seseorang, dikhawatirkan ada unsur suka tidak suka atau persaingan dalam berdagang,” pesan Surya Darma.(nia)

Rekomendasi Berita