oleh

Usulkan Enam Raperda

CURUP – Sedikitnya enam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong pada tahun 2019 ini. Demikian disampaikan Kabag Hukum Setdakab Rejang Lebong, Indra dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (31/1).

Dijelaskan Indra, Raperda yang masih digodok tersebut nantinya akan disampaikan ke DPRD Rejang Lebong untuk bisa dibahas.

“Harapan kita Raperda ini bisa dibahas April ini. Setelah kita usulkan enam Raperda ini nanti akan koreksi dulu mana-mana Raperda yang disetujui akan dibahas,” kata Indra.

Dari enam Raperda yang diusulkan, kata Indra, diantaranya Raperda tentang rencana pembangunan industri Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019 hingga tahun 2039. Kemudian Raperda tentang kepemudaan lalu Raperda soal usaha pariwisata.

“Dua Perda lainnya yakni tentang perlindungan pohon di tepi jalan dan fasilitas umum milik Pemkab Rejang Lebong dan Raperda tentang pembangunan gedung,” papar Indra.

Dijelaskan Indra, Raperda tentang rencana pembangunan industri Kabupaten Rejang Lebong dibahas soal pengaturan kawasan pembangunan industri di Kabupaten Rejang Lebong.

“Kalau untuk Raperda kepemudaan yang dibahas soal penyelenggara kepemudaan, tanggung jawab kepemudaan, peran pemerintah terhadap kepemudaan dan pemberdayaannya,” papar Indra.

Kemudian, Raperda tentang usaha pariwisata membahas penataan dan pengaturan berkaitan dengan izin termasuk izin-izin taman bunga dan objek usaha wisata lainnya.

Begitu juga dengan Raperda soal perlindungan pohon ditepi jalan dan fasilitas milik pemerintah, membahas soal larangan merusak pohon termasuk bangunan gedung.

“Untuk Raperda pembangunan gedung yang dibahas diantaranya soal fungsi, penyelenggaraan termasuk pengawasan dan perubahan Perda Izin Membangun Bangunan (IMB) soal tata cara dan perhitungan tarif,” tambah Indra. (sam)

Rekomendasi Berita