oleh

Usai Dilantik Jadi Plh Bupati Muratara, ini Kata Alwi Roham

LINGGAUPOS.CO.IDGubernur Sumsel, H Herman Deru melantik sekretaris daerah dari kabupaten penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 lalu, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati di Auditorium Bina Praja, Rabu (17/2/2021).

Pelantikan Plh tersebut digelar atas belum terbitnya keputusan penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih dari Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri).

Tujuh Plh yang dilantik antara lain, Kabupaten OKU Timur Junaidi SSos, OKU Drs H Achmad Tarmizi, OKU Selatan Romzi SH MSi, PALI Syahron Nazil, Musi Rawas EC Priskodesi, Musi Rawas Utara H Alwi Rohan, dan Ogan Ilir Aufa Syahrizal.

Dari ketujuh Plh Bupati tersebut, hanya kabupaten Ogan Ilir yang berstatus bukan sebagai Sekretaris Daerah, diwilayah tersebut. Aufa Syahrizal diketahui adalah Kadisbudpar Sumsel.

Gubernur, didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Nasrun Umar dan Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra, Edward Chandra mengatakan, ia mengharapkan dengan pelantikan ini tidak ada kevakuman pelayanan pemerintahan, terhadap administrasi masyarakat.

Sekaligus juga, ia menegaskan para Plh Bupati tidak terpengaruh dengan isu-isu terkait Pilkada.

“Sekda yang ditunjuk ini punya kapasitas, yang tau persoalan. Dan dapat menjalankan tugas segabagai layaknya aperatur sipil negara,” jelas Deru usai pelantikan.

Ikhwal penunjukan Aufa Syahrizal sebagai Plh Bupati Ogan Ilir, Deru menjelaskan, kebijakan tersebut dilakukan karena status Sekda Ogan Ilir bukan pejabat definitif melainkan Plt.

“Jadi mana mungkin kita berikan dua jabatan sekaligus dengan posisinya (Plt Sekda), kita mengerti jenjangnya,” imbuh Deru.

Sementara itu, Plh Bupati OKU, H Achmad Tarmizi menegaskan, dirinya akan melaksanakan tugas kepemimpinan dengan penuh tanggung jawab. Seraya mengharapkan Mendagri dapat memastikan jadwal penetapan keputusan.

“Berdasarkan dari Ditjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri. Pelantikan Bupati dan wakil bupati rencananya akan digelar secara virtual pada 26 Februari, kami berharap jadwal itu tepat nantinya,” katanya dikutip dari sumeks.co.

Dilanjutkan oleh Plh Bupati Musirawas Utara (Muratara), H Alwi Rohan, ia mengharapkan Mahkamah Konstitusi (MK) dapat segera menyelesaikan perkara Pilkada yang sedang berlangsung. Agar Muratara dapat segera dipimpin Bupati dan Wakli Bupati terpilih, untuk menjalankan roda pemerintahan dan merealisasikan program pembangunan.

“Kami berharap perkara di MK cepat terselesaikan. Supaya masyarakat mendapatkan kepastian. Apapun yang menjadi keputusan MK, kami semua kalangan masyarakat Muratara akan menerimanya,” ujar Alwi yang sebelumnya menjabat Sekretaris Daerah Muratara tersebut.

Selagi proses yang MK sedang berlangsung ini, sambung Alwi, maka dari dirinya akan berupaya semaksimal mungkin menjalankan roda pemerintahan.

“Masa jabatan Plh ini berlaku sampai Bupati dan Wakil dilantik. Seperti yang telah dikatakan gubernur, kami akan menjaga supaya pelayanan-pelayanan publik tidak stagnan. Kami berharap keputusan MK selesai dan dari Kemendagri dapat keluarkan surat keputusan,” pungkasnya. (*)

Sumber: sumeks.co

Rekomendasi Berita