oleh

Unmura Sukses Selenggarakan Wisuda Angkatan IX

REKTOR Universitas Musi Rawas (Unmura), Prof. Dr. Ir. Fakhrurrozie Sjarkowie, M.Sc mewisuda 237 mahasiswa di Auditorium Unmura, Sabtu (29/9).

Wisuda Angkatan IX ini dihadiri anggota senat, dosen dan staf Unmura, perwakilan perguruan tinggi di Kota Lubuklinggau, orang tua serta keluarga wisudawan, perwakilan L2Dikti Wilayah II Sumbagsel Hj Nurjannah, Wakil Walikota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar, Wakil Ketua YPPT Bumi Silampari H Suharto Patih, dan Pengawas YPPT Bumi Silampari H Syaiful Anwar Ibna.

Hadir pula perwakilan Polres Kota Lubuklinggau, Perwakilan Dandim 0406, Perwakilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Lubuklinggau, anggota Ombudsman RI Dadan S Suharmawijaya, dan Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Sumsel.

Acara berlangsung khidmat tersebut, diawali dengan Tari Sambut Silampari Khayangan Tinggi oleh mahasiswi Unmura, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Unmura.

Lebih istimewa, karena dalam wisuda kemarin Rektor Unmura melakukan pemindahan kuncir dan pengalungan selempang secara spesial kepada tujuh mahasiswa-mahasiswi peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi dari masing-masing Program Studi (Prodi). Mereka adalah Candra Dwi Atmaja (Prodi Administrasi Negara), Irmala Dewi (Prodi Agribisnis), Selviana Ibrahim (Prodi Akuntansi), Rizki Wulandari (Prodi Agroteknologi), Viki Agustriani (Prodi Peternakan), Arie Anggara (Prodi Ilmu Pemerintahan) dan Lilis Rosita (Prodi Teknik Sipil) . Saat pengalungan selempang, dan penyerahan penghargaan, para wisudawan-wisudawati berprestasi itu didampingi orang tua/wali. Dan disaksikan ribuan tamu undangan yang hadir.

Setelah itu, barulah Rektor Unmura memindahkan kuncir bagi 230 wisudawan lainnya. Lantaran tak semua keluarga wisudawan bisa menyaksikan momen bersejarah itu di dalam auditorium, maka mereka menyaksikannya melalui layar televisi yang disediakan panitia wisuda. Lalu Ali Hanafiah dan Nur Aisyah Putri memimpin ratusan wisudawan ini membacakan Ikrar Sarjana Alumni Unmura.

Setelah momen itu, Rektor Unmura menyampaikan tiga kunci sukses untuk wisudawan, dengan menjaga 3W.

“Kalian harus punya memegang kunci ini, agar jalan menuju sukses yang kalian pilih berbeda. Pertama wawasan (kecerdasan intelektual). Kalian harus bisa mengartikulasikan dan mengembangkan ilmu yang para dosen berikan selama ini,” jelasnya.

Kedua, milikilah kecerdasan spiritual yang akan membawa anda menjadi sosok yang berwibawa di masyarakat maupun di mata Allah SWT.

“Ketika kalian memiliki jiwa spiritual tinggi, maka dalam mengemban amanah apapun kalian dapat menampilkan rasa tanggung jawab itu tanpa ragu-ragu. Karena sejatinya kalian sadar mengabdi ini bukan hanya untuk dunia, namun sejatinya pengabdian itu dalam rangka ibadah kepada Allah SWT,” terang Rektor.

W yang ketiga, watak atau kecerdasan emosional. Ia menegaskan, barang siapa yang wataknya tidak terbina, maka sulit baginya untuk bergaul dan memimpin.

Watak perlu dikembangkan, dan watak yang cantik dan indah itulah watak yang memberikan rahmat bagi sekalian alam.

“Kalau kalian punya tiga kunci tadi, insya Allah kalian bisa diterima dan sukses di masyarakat. Namun, ingat kalau kalian sampai tak punya salah satunya, kalian bisa saja tersingkir,” tegas Rektor.

Pada kesempatan itu, Rektor mengungkapkan rasa terima kasih khusus kepada para dosen dan pegawai. Ia yakin, perhelatan wisuda yang besar itu tidak mungkin bisa terwujud tanpa peran tulus ikhlas dari para dosen dan pegawai.

Pada momen itu juga, Rektor mengungkapkan rasa bahagianya alumni yang diwisuda tahun ini jumlahnya 30 persen lebih banyak dari tahun lalu. Disamping itu, jumlah mahasiswa yang masuk tahun akademik 2018/2019 ini meningkat 100 persen dari tahun sebelumnya.

Sambutan kedua, disampaikan Pengawas Yayasan Pembina Pendidikan Tinggi Bumi Silampari, H Syaiful Anwar Ibna. Ia berkeyakinan, setiap alumni Unmura dengan bekal ilmu dan keterampilan yang dimiliki, pasti bisa berkontribusi dalam membangun daerah dan bangsa ini.

Sebagaimana yang telah dibuktikan salah seorang alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Unmura, Hj Suwarti, yang kini sudah menjabat sebagai Wakil Bupati Musi Rawas.

Apresiasi juga disampaikan Wakil Walikota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar dan Pengurus L2Dikti Wilayah II Sumbagsel Hj Nurjannah.

Keduanya mengingatkan, agar alumni Unmura tak lekas puas dengan pencapaian gelar sarjana ini. Sebab peran para sarjana ini sedang ditunggu masyarakat. Dengan ilmu yang ada, keduanya meminta kepada alumni Unmura untuk terus berprestasi, baik dalam karier maupun bersosial di masyarakat.

Alumni Unmura juga dipesan agar senantiasa bersemangat meningkatkan kompetensi, dengan menimba ilmu baik ke jenjang Strata dua (S2), S3 bahkan profesor.

Pada kesempatan itu, mahasiswa Peraih IPK Tertinggi 3,91 atas nama Candra Dwi Atmaja mengungkapkan terima kasih atas doa, restu dan dukungan orang tua dan keluarga. Mewakili teman-temannya, Candra juga berterima kasih atas dukungan dan bimbingan para dosen dan staf Unmura. Ia berkeyakinan, tanpa semua itu, tak mungkin mereka bisa mencapai gelar sarjana ini. (lik)

Rekomendasi Berita