oleh

UNBK Matematika Ada Soal Esai

Pelaksanaan UNBK di SMKN Pertanian Lancar

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Sebagaimana tahun lalu, tahun ajaran 2017/2018 ini SMK Pertanian Negeri Musi Rawas mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sekolah yang dipimpin H Yusep Mubarok itu menyelenggarakan UNBK mandiri untuk 106 siswa siswi kelas XII juga 28 peserta didik dari SMK PGRI Air Beliti.

Pantauan Linggau Pos kemarin, proses pelaksanaan UNBK di sekolah tersebut berlangsung lancar.

Memanfaatkan dua server, 36 komputer (PC) dan 10 laptop bisa dioperasikan dengan baik mendukung pelaksanaan UNBK.

“Masalah listrik juga tidak ada kendala. Sekalipun ada pemadaman, kami sudah menyiagakan genset. Nah, kalau yang UNBK pertama, mata pelajaran Bahasa Indonesia Senin (2/4) lancar. Untuk hari kedua, UNBK-nya Matematika. Selain soal 36 pilihan ganda, ada juga empat soal esai,” jelas Yusep Mubarok.

Namun, hal itu tidak jadi kendala karena siswa tidak haru mengisi rentetan rumus. Cukup langsung mengisi hasilnya saja di komputer.

“Rumus-rumusnya tidak perlu juga ditulis di kertas lalu dikasih ke sekolah,” terangnya.

Setelah 120 menit waktu UNBK per sesi, hasil pengerjaan soal dikirimkan oleh teknisi UNBK ke server Puspendik Mendikbud.

“UN ini bukan segalanya. Alias bukan satu-satunya penentu kelulusan. Karena selain nilai UNBK, ada juga nilai USBN dan nilai rapor juga nilai UKK untuk mendukung lulus tidaknya si siswa,” jelasnya lagi.

Ia mendoakan proses UNBK yang diikuti peserta didiknya itu berlangsung lancar.

“Dan yang paling penting, selepas dari lulus SMK Pertanian Negeri Musi Rawas ini, punya bekal untuk lanjut kuliah, buka usaha maupun kerja. Pesan saya, jangan nikah dulu,” pinta Yusep.

Ia berharap, ilmu yang didapat di SMK bisa jadi modal untuk mengembangkan potensi diri, baik di perguruan tinggi, dunia industri maupun di masyarakat.

“Karena selain ilmu sesuai dengan program keahlian, dalam hal ini pertanian, mereka juga dididik jadi manusia religius (taat pada Allah SWT), dan bisa bersosialisasi dengan baik di lingkungan masyarakat,” imbuhnya. (02)

Rekomendasi Berita