oleh

UKM Lokal Harus Kreatif

LUBUKLINGGAU – Tak banyak warga yang memulai usaha dengan modal besar. Meski begitu mereka tetap bisa bertahan, kuncinya inovatif dan baik dari sisi pelayanan.

“Sekarang memang bisnis waralaba banyak. Yang mau franchise juga banyak. Hanya nggak semua orang punya modal besar. Oleh karena itu, pelaku UKM lokal, harus inovatif,” jelas Pengamat Ekonomi Prof. Dr Didik Susetya, Kamis (10/1).

Ia bahkan mencontohkan, di Palembang terdapat salah satu toko yang klasik (umurnya sudah lama) namun tetap banyak peminat.

“Kelebihan di toko itu serba ada. Dan konsumen mau beli eceran bisa. Ini yang dicari orang. Layanannya juga bagus dan jelas. Saat konsumen cari barang nggak ada di situ, ditawarkan dengan produk yang fungsinya sama. Layanan yang begini penting dilakukan para pelaku usaha untuk menggaet konsumen loyal,” jelasnya.

Soal pertumbuhan bisnis waralaba di Lubuklinggau, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Lubuklinggau, H Jundahri, SE melalui Kabid Perizinan Usaha, Diana Ruvini, ST,MM mengatakan saat ini ada 15 bisnis waralaba.

“Memang ada yang pindah tempat 2018 ini. Itu bukan karena bangkrut, tapi omzetnya tidak tercapai karena lingkungannya yang kurang ramai, atau memang karena habis kontrak tempat usaha, yang mengharuskan pindah tempat. Tapi tetap saja, jika pindah tempat pun, pelaku usaha harus membuat perizinan usaha yang baru, karena perizinan yang lama dianggap telah gugur,” jelasnya.

15 usaha waralaba di Lubuklinggau buka tahun 2017/2018. Untuk brand PT Indomarco Prismatama (Indomaret) ada 12 usaha dan Alfamart sebanyak 3 usaha.

Adapun persyaratan dalam pembuatan izin usaha, diantaranya, persetujuan DPMPTSP, IMB (jika sewa ada surat sewa menyewa), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Fotokopi NPWP, Akta Notaris jika berbadan hukum, Surat Pernyataan Pengelola Lingkungan (SPPL), dan lainnya.

Ikuti saja peraturan menteri perdagangan tentang pasar moderen. Disitu diatur tentang tata caranya. (lik/rrf)

Rekomendasi Berita