oleh

Ujuk Ifin: Soal Pengembalian Formulir, Nantilah

LINGGAU POS ONLINE – HM Syarif Hidayat yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon bupati pada Pilkada 2020 ke Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Muratara, Jumat (20/9).

Dalam proses pengembalian formulir pendaftaran, HM Syarif Hidayat didampingi tim pemenang dan secara langsung diterima oleh Ketua DPC PDIP Muratara, Devi Arianto.

Dikatakan HM Syarif Hidayat, pengembalian formulir pendaftaran bakal calon bupati merupakan langkah serius dalam upaya agar dapat diusung PDIP.

“Hari ini kita resmi pengembalian formulir pendaftaran ke DPC PDIP dengan demikian resmi mendaftarkan diri di Partai PDIP. Kami menaruh harapan besar agar kembali dapat diusung kembali oleh PDIP pada Pilkada 2020,” jelasnya.

Saat disinggung mengenai proses pengembalian formulir dilakukan secara sendiri sedangkan saat pengambilan formulir pendaftaran dilakukan bersama dengan salah satu pendaftar lainnya, HM Syarif Hidayat mengatakan bahwa hal tersebut tidaklah wajib.

“Tidak wajib itu, tidak diakui tanyakan saja sama yang bersangkutan,” jawabnya.

Sementara H Zainal Arifin Daud atau yang biasa dipanggil Ujuk Ifin, saat dikonfirmasi Linggau Pos menyatakan, mengenai pengembalian formulir ke PDIP menurutnya tidak mesti barengan.

“Kan seluruh warga Negara Indonesia berhak daftar. Soal mengembalikan formulir, nantilah. Kita belum tahu. Karena politik ini dinamis. Yang penting kita daftar dulu,” jelasnya.

Disamping itu, sebagai ASN kata Ujuk Ipin sapaan Zainal Arifin Daud, wajib patuh dengan pimpinan.

Sementara Ketua DPC PDIP Muratara, Devi Arianto menjelaskan Sekretariat DPC PDIP hanya melakukan proses pendaftaran dan selanjutnya setelah penutupan pendaftaran semua berkas akan dikirim ke DPD dan DPP.

“Pada prinsipnya kita hanya menjaring selanjutnya semua berkas pencalonan kami serahkan Kepada Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sumsel, dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) lah yang berwenang untuk menentukan,” jelasnya

Dilanjutkannya, sejak dibuka pendaftaran sampai saat ini sudah ada setidaknya 13 nama yang melakukan pengambilan formulir pendaftaran baik sebagai bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati.

“Dari total yang mengembali formulir baru tiga yang melakukan pengembalian, termasuk nama HM Syarif Hidayat, dan Devi Suhartoni, serta ada nama Yudi Nugraha,” lanjutnya. (*)

Laporan: Fahmilan Jadidi/Sulis

Rekomendasi Berita