oleh

Ubah Tradisi Malam Pergantian Tahun

“…Memeriahkan malam tahun baru masehi tidak salah, tapi caranya harus disesuaikan dengan ajaran Islam. Banyak kegiatan seperti pengajian, tahlilan berzikir, berdoa dan bersyukur…”

Kepala Kantor Kemenag Muratara, Ikhsan Baidjuri

LINGGAU POS ONLINE- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakenmenag) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), H Ikhsan Baijuri mengajak masyarakat di Muratara agar mengisi malam pergantian tahun dengan kegiatan positif.

Ikhsan Baijuri mengatakan memeriahkan malam pergantian tahun Masehi sudah menjadi tradisi. Sayangnya tradisi ini sering diisi dengan kegiatan yang tidak diperkenankan dalam ajaran agama, terutama ajaran Islam sehingga hal tersebut harus diubah.

“Sebagai umat muslim memeriahkan malam tahun baru Masehi tidak salah, tapi caranya harus disesuaikan dengan ajaran Islam. Banyak kegiatan seperti pengajian, tahlilan berzikir, berdoa dan bersyukur. Jangan dengan pesta atau berfoto-foya yang hanya akan menimbulkan mudarat saja,” kata Ikhsan Baijuri, Minggu (29/12).

Pergantian tahun kali ini bertepatan dengan libur sekolah. Untuk itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Muratara, Sukamto juga ingatkan anak-anak sekolah untuk mengisi liburan dengan kegiatan positif.

“Jangan ikut dalam euforia pergantian tahun, cukup isi liburan dengan kegiatan positif, mengulas pelajaran mungkin akan lebih baik,” ungkap Sukamto.

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita